Pempek Keriting. Anak-anakku paling suka pempek keriting karena memang lebih lembut. Mencetaknya lebih lama daripada jenis pempek lain, tapi melihat sambutan anak-anak, rasanya worth it lah. Kali ini aku bikin pake ikan kakap.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Adonan pempek keriting ditimbang terlebih dahulu, lalu ditekan-tekan menggunakan pirikan tersebut hingga adonannya keluar melalui lubang kecil dan menjadi helaian seperti itu.

Lagi mencari ide resep pempek keriting yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek keriting yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Anak-anakku paling suka pempek keriting karena memang lebih lembut. Mencetaknya lebih lama daripada jenis pempek lain, tapi melihat sambutan anak-anak, rasanya worth it lah. Kali ini aku bikin pake ikan kakap.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek keriting, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan pempek keriting enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pempek keriting yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pempek Keriting menggunakan 9 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Pempek Keriting:

  1. Gunakan 1 kg ikan tenggiri giling.
  2. Sediakan 700 gr sagu/tapioka untuk diadonan.
  3. Ambil Secukupnya sagu/tapioka untuk ditangan atau membentuk.
  4. Ambil 7 sdm minyak goreng ntuk di adonan.
  5. Siapkan 4 bawang putih haluskan.
  6. Gunakan 200 ml air.
  7. Ambil 2 sdm Garam.
  8. Ambil 1 sdm Gula.
  9. Ambil 2 sdm minyak goreng untuk merebus.

Pempek ini jarang sekali dijumpai pada saat perayaan sebuah acara di Palembang, mungkin karena tingkat kesulitan dan lamanya waktu pembuatan jika harus memproduksi dalam. Cari produk Camilan Beku lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Pempek keriting dan Pempek Lenjer potong sangat diminati oleh orang palembang.

Cara membuat Pempek Keriting:

  1. Siapkan bahan.
  2. Haluskan bawang putih.
  3. Lalu masukkan air gula aduk rata.
  4. Lalu bawa kewadah ikan giling, masukkan bawang putih.
  5. Masukkan garam, minyak makan, sagu'tapioka sedikit demi sedikit.
  6. Aduk sampai adonan kalis.
  7. Siapkan cetakan pempek keriting.
  8. Lalu ambil alas/tatakan, kasih sagu/tapioka.
  9. Ambil sedikit adonan, taruh diatas tatakan, maju mundur kan cetakkan hingga berbentuk.
  10. Lakukan secukupnya karena sebagian aku bikin pempek lenjer, untuk bikin laksan.
  11. Panaskan air sampai mendidih kasih 2 sdm minyak, ambil pempek yang sudah di cetak dengan sutil l/sendok, rebus sampai mengapung angkat tiriskan.

Sebelum dimakan, pempek ini disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu untuk pempek jenis pempek lenjer. Kalo di palembang, pempek keriting ini tetap rebusan untuk penyajiannya. Bentuknya yang lucu membuat orang penasaran untuk mencobanya. Setiap bentuknya, pempek memiliki nama dan rasa sendiri-sendiri. Sesuai namanya, pempek ini berbentuk keriting, membuatnya pun harus teliti, karena harus menggunakan cetakan khusus.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Pempek Keriting yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!