Gulai ikan asap. Kali ini FIMELA akan berbagi resep membuat gulai ikan asap pedas. Berikut bahan dan cara untuk membuatnya. Source : Deasy Chici Tarigan, dengan sedikit modifikasi.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Jakarta – Mari kita membuat sajian yang berbahan dasar ikan asap. Ikan asap yang dijual di pasar biasanya terdiri dari ikan pari, ikan mujair, tongkol dan lain sebagainya. Ikan asap yg mudah ditemukan di pasar tradisional dan berharga jauh lebih murah ternyata juga sudah lama terkenal bisa diolah menjadi gulai iikan asap nan lezat.

Lagi mencari ide resep gulai ikan asap yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gulai ikan asap yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Kali ini FIMELA akan berbagi resep membuat gulai ikan asap pedas. Berikut bahan dan cara untuk membuatnya. Source : Deasy Chici Tarigan, dengan sedikit modifikasi.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gulai ikan asap, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan gulai ikan asap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat gulai ikan asap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Gulai ikan asap memakai 18 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Gulai ikan asap:

  1. Ambil 4 pot ikan asap tuna.
  2. Ambil 150 gr kol.
  3. Gunakan 3 buah kacang panjang.
  4. Gunakan 1 bks kara.
  5. Siapkan Bumbu Halus.
  6. Siapkan 8 bwng merah.
  7. Sediakan 4 bwng putih.
  8. Siapkan 1 ruas kunyit.
  9. Ambil 1 ruas jahe.
  10. Siapkan 5 buah cabe merah.
  11. Gunakan 5 buah cabe rawit.
  12. Sediakan 3 butir kemiri sangrai.
  13. Ambil Bumbu utuh.
  14. Siapkan 4 lembar daun jeruk.
  15. Gunakan 2 lembar daun salam.
  16. Sediakan 1 batang serai.
  17. Siapkan 1 lembar daun kunyit.
  18. Ambil 2 ikat kemangi.

Untuk Anda yng tinggal di daerah perkotaan, ataupun pegunungan gulai ikan asap memang cukup asing. Masakan ini terinspirasi dari feed Instagram teman saya. Pare dan Ikan Asap Kuah Santan bisa disebut juga sebagai gulai pare. Langkah memasaknya cukup panjang tapi sangat sederhana: โ€ข Merebus sebentar pare โ€ข Membuat isian pare (ikan asap berbumbu) โ€ข Mengisi pare โ€ข Menggoreng sebentar pare โ€ข Membu.

Langkah-langkah membuat Gulai ikan asap:

  1. Siapkan bahan2 dan haluskan bumbu yg harus di uleg/blender.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dgn lengkuas daun jeruk daun salam daun kunyit dan serai sampai wangi dan berubah warna.
  3. Masukan ikan asap nya oseng2 hingga bumbu merata ke ikan lalu masukan air.
  4. Setelah air sdh mendidih masukan kol, kasih garem penyedap dan lada bubuk..
  5. Setelah itu masukan santan sambil sesekali di aduk agar santan tdk pecah. Masukan kacang panjang lalu tes rasa..
  6. Terakhir setelah sdh mau matikan kompor masukan kemangi..
  7. Siap di sajikan ๐Ÿ˜.

Selain ikan pari asap, Anda bisa juga menggunakan ikan lele ataupun ikan mujair yang di goreng terlebih dahulu, lalu dimasak dengan bumbu mangut ini. Bisa juga Anda tambahkan tahu dan tempe jika suka. Demikian informasi resep mangut ikan asap yang bisa kami sampaikan, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda. Selanjutnya, masukan ikan asap dan masak dengan api sedang. Jika ingin versi yang pedas, Anda bisa menambahkan merica bubuk atau cabai rawit utuh.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan gulai ikan asap yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!