Pempek Keriting (Kerupuk/ kribo). Pempek keriting termasuk varian dari pempek ikan yang merupakan salah satu #jajanantempodoeloe khas dari Palembang. Lihat juga resep Pempek keriting enak lainnya! Lihat juga resep Cemilan Kerupuk basah a.k.a Pempek Sutera enak lainnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Kali ini aku bikin pake ikan kakap. Walaupun tekstur dagingnya tidak selentur tenggiri, tapi. Adonan pempek dicetak menggunakan pirikan, yakni cetakan pempek keriting dari kuningan.

Lagi mencari ide resep pempek keriting (kerupuk/ kribo) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek keriting (kerupuk/ kribo) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Pempek keriting termasuk varian dari pempek ikan yang merupakan salah satu #jajanantempodoeloe khas dari Palembang. Lihat juga resep Pempek keriting enak lainnya! Lihat juga resep Cemilan Kerupuk basah a.k.a Pempek Sutera enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek keriting (kerupuk/ kribo), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan pempek keriting (kerupuk/ kribo) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pempek keriting (kerupuk/ kribo) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pempek Keriting (Kerupuk/ kribo) menggunakan 4 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Pempek Keriting (Kerupuk/ kribo):

  1. Gunakan 250 gr ikan giling dingin.
  2. Gunakan 100 ml air es.
  3. Gunakan 1 sdt garam halus.
  4. Sediakan 150 gr sagu tani.

Jika sulit menemukan pirikan, gunakan penggiling mi. Cari produk Kerupuk lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Mengapa dinamakan pempek keriting? ya sederhana saja, karena bentuknya keriting keriting kayak mie keriting. 😛 Pempek ini juga sering disebut pempek kerupuk, karena bentuknya yang mirip sekali dengan kerupuk.

Langkah-langkah membuat Pempek Keriting (Kerupuk/ kribo):

  1. Campur air dan garam hingga larut lalu tambahkan ke ikan giling, aduk hingga tercampur rata..
  2. Tambahkan sagu lalu aduk hingga tercampur rata..
  3. Bentuk adonan pempek, bisa menggunakan cetakan putu mayang, pirikan, gilingan ikan, dll. Saya menggunakan pirikan, caranya tekan adonan secukupnya hingga adonan keluar, ambil dengan sendok lalu kukus hingga matang (kurang lebih 15 menit)..
  4. Angkat. Sajikan bersama cuko..

Nah, agak berbeda dengan pempek lainnya, kalau dipalembang, pempek keriting ini lebih banyak disajikan sesudah direbus. Jangan percaya dengan pepatah yang mengatakan ukuran tidaklah menjadi masalah. Setidaknya dalam hal ini, ukuran pempek keriting. Kami berpendapat ketika semua faktor terpenting dalam menikmati pempek sudah terpenuhi, seperti rasa yang lezat dan cuko yang nikmat, satu-satunya yang kurang adalah ukuran yang. TweetPempek keriting dan Pempek Lenjer potong sangat diminati oleh orang palembang.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat pempek keriting (kerupuk/ kribo) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!