Cuko/Cuka Pempek. Lihat juga resep Cuko Pempek enak lainnya. Pempek biasanya dimakan dengan cuko, yaitu sejenis saus yang memiliki rasa asam, manis, sedikit asin dan pedas. Orang bilang cuko yang kental akan terasa mantap di lidah, tapi itu tergantung selera masing-masing ya bunda.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Cuko juga menentukan enak tidaknya ketika makan pempek. Lalu masukkan bahan B,lalu aduk rata. Angkat lalu saring Setelah disaring, bahan B tadi panaskan lagi lalu masukkan bahan C.

Anda sedang mencari inspirasi resep cuko/cuka pempek yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cuko/cuka pempek yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Cuko Pempek enak lainnya. Pempek biasanya dimakan dengan cuko, yaitu sejenis saus yang memiliki rasa asam, manis, sedikit asin dan pedas. Orang bilang cuko yang kental akan terasa mantap di lidah, tapi itu tergantung selera masing-masing ya bunda.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cuko/cuka pempek, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan cuko/cuka pempek enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah cuko/cuka pempek yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Cuko/Cuka Pempek menggunakan 7 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Cuko/Cuka Pempek:

  1. Gunakan 400 gram Gula Aren Item.
  2. Gunakan 20 Cabai campur (Rawit Keriting & Rawit Merah).
  3. Sediakan 15 gram Ebi.
  4. Sediakan 1 Bonggol Bawang Putih.
  5. Sediakan 4-5 sdm Cuka (aku: merk Naga).
  6. Sediakan 3-4 sdm Gula Pasir.
  7. Siapkan Secukupnya air bersih.

CARA MEMBUAT CUKO/ CUKA PEMPEK KOMPLIT : Jika ingin lebih enak, campuran cabe dan bawang putih diulek sehari sebelumnya; Gula merah yang dipakai sebaiknya gula batok yang tidak berbau angit sehingga adonan tidak terasa pahit; Ebi halus juga, boleh di-pisah pada saat makan sebelum dicampurkan pada makanan, agar aroma-nya tetap muncul; Pempek dan cuka/cuko tidak bisa dipisahkan. Pempek yang enak, akan nikmat kalau di santap dengan cuka/cuko yang enak juga. Banyak cara membuat cuka/cuko pempek, kareana banyak juga selera yang berbeda. Pada kesempatan ini, kiranya demikian resep cuka/cuko pempek palembang.

Langkah-langkah membuat Cuko/Cuka Pempek:

  1. Panaskan air di panci secukupnya, rebus gula merahnya. Jika Gula nya merasa bersih tidak perlu di saring..
  2. Blender Cabai, bawang putih, dan ebi nya. Kemudian setelah gula sudah larut masukan cabai yang sudah dihaluskan.
  3. Masukan gula pasir dan cuka. Tes rasa, masak sampai mendidih. Angkat dan dinginkan (katanya diamkan 12jam baru bisa masuk kulkas biar tambah enak)..

Cuko dibuat dari perpaduan air, gula merah, cabe rawit tumbuk, ebi sangria, bawang putih dan garam. Kombinasi dari bahan-bahan tersebut membuat cuko memiliki rasa yang mantab, yakni : pedas, manis, asam, gurih, dan pastinya sangat menyegarkan. Biasanya Cuko Pempek lebih nikmat dimasak sehari sebelum di hidangkan bersama pempek. Rasa yang didapat dari Cuko Pempek Asli Palembang ini adalah pedas, manis, dan asam, rasa asamnya didapat dari asam jawa atau Cuka makan. Untuk mendapatkan rasa Cuko Pempek yang enak sebaiknya memakai gula aren atau disebut juga gula batok.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cuko/cuka pempek yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!