30. Semur Daging Sapi. Resep Semur Daging Sapi Bumbu Paling Enak – Salah satu masakan khas nusantara yang cukup banyak disukai oleh masyarakat adalah rendang daging sapi dan semur daging sapi. Wajar saja, karena kedua menu tersebut sangat mudah untuk dibuat dan tentu saja rasanya yang lezat dan menggugah selera makan. Resep Semur Daging Sapi Spesial Enak.

Semur tidak hanya dikenal sebagai makanan rumahan dengan citarasa manis dan gurih. Resep semur daging sapi kecap Bango ini dimasak agak lama bersama bumbu-bumbu tradisional Indonesia yang akan meresap dengan baik ke proteinnya. Manis, gurih, pedas jadi satu! 😋 Beragam olahan semur, salah satu yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah semur daging sapi.
Anda bisa mendapatkan 30. Semur Daging Sapi dengan menggunakan 21 bahan dan 9 langkah. Monggo silahkan dibaca detail dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk 30. Semur Daging Sapi

  1. Siapkan 250-400 gr daging sapi.
  2. Siapkan Jeruk nipis.
  3. Ambil Bumbu Halus:.
  4. Siapkan 5 bawang putih.
  5. Ambil 6 bawang merah.
  6. Siapkan 3-5 cabe merah gedhe.
  7. Ambil Secukupnya cabe rawit.
  8. Siapkan 3 kemiri, kalau mau lebih kental lg bisa pakai 5 kemiri.
  9. Siapkan 1 ruas jahe.
  10. Perlu 1 ruas kunyit.
  11. Siapkan Lainnya:.
  12. Perlu Secukupnya kecap.
  13. Ambil 1 serai, geprek.
  14. Ambil 2 ruas laos, geprek.
  15. Siapkan 4 daun jeruk, sobek buang tulang daunnya.
  16. Ambil Secukupnya gula merah/ aren, dihaluskan.
  17. Ambil Secukupnya air (sesuaikan saja, mau encer atau kental).
  18. Siapkan Garam Himalaya/ bebas.
  19. Ambil Lada bubuk.
  20. Perlu Kaldu bubuk.
  21. Perlu Sedikit minyak untuk menumis bumbu (me: minyak kelapa).

Sekilas mirip dengan rendang, semur daging memiliki kuah cenderung lebih cair. Rempah semur daging tidak sepekat rendang, namun rasa manis dan pedasnya dijamin membuatmu tidak bisa berhenti mengunyah. Memasak semur daging juga lebih singkat. Resep Semur Daging Sapi – Lebaran sangat erat hubungannya dengan masakan lezat khas Nusantara.

Instruksi Membuat 30. Semur Daging Sapi

  1. Bersihkan daging sapi, Perasi jeruk nipis. Rebus. Setelah empuk, tiriskan. Lalu iris tipis atau potong dadu jg boleh (sesuai selera). Bebas saja ya mau direbus dl baru dipotong2, atau dipotong dulu baru direbus. Ohya kalau sy setelah diiris tipis, saya pukul2 pakai ulekan seperti kalau kita bikin empal daging..
  2. Sementara nunggu daging direbus, haluskan semua bumbu halus.
  3. Panaskan sedikit minyak, masukkan bumbu halus + serai + Laos + daun jeruk. Tumis hingga harum.
  4. Tambahkan gula merah (yg dihaluskan) dan kecap. Takaran sesuai selera ya. Aduk aduk merata. Masukkan daging..
  5. Blender bekas bumbu tadi diisi air lalu tuang ke wajan tersebut. Aduk merata..
  6. Tambahkan garam, kaldu bubuk, dan lada bubuk..
  7. Masak dg tingkat kekentalan sesuai selera..
  8. Koreksi rasa..
  9. Sajikan hangat hangat! Ditaburi bawang goreng biar makin mantap! 😊 *Yg difoto hanya dikit, masih banyak di wajan hehe.

Selain opor ayam, rendang daging, dan ketupat, semur daging juga menjadi favorit masyarakat Indonesia. Beef stew ala Indonesia ini merupakan modifikasi dari beef smoor yang dibawa Belanda ke nusantara. Di Indonesia diolah dengan kecap dan menggunakan kuah yang lebih encer. Semur daging sapi menjadi salah satu menu favorit masyarakat Indonesia lantaran mudah dibuat dan rasanya yang sangat Indonesia. Biasanya, semur daging dibuat menggunakan kecap sehingga warna dari menu masakan ini lebih gelap daripada menu daging lainnya.