Pesmol Ikan. Ikan Nila adalah salah satu ikan air tawar favorit keluarga mamak. Biasanya kalo masak cuma di goreng doang trs bikin sambel korek. Berhubung pngn makan yg sedikit berkuah terus ada sayurannya juga, akhirnya si Ikan Nila mamak olah jadi Pesmol Ikan Nila atau Acar Bumbu Kuning.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Resep dengan petunjuk video: Pesmol Ikan adalah ikan yang di goreng lalu di masak bersama acar kuning. Gurihnya ikan serta segarnya cuka, cocok disantap bersama nasi panas. Salah satu jenis ikan tawar yang sering dikonsumsi adalah ikan nila.

Anda sedang mencari inspirasi resep pesmol ikan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pesmol ikan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ikan Nila adalah salah satu ikan air tawar favorit keluarga mamak. Biasanya kalo masak cuma di goreng doang trs bikin sambel korek. Berhubung pngn makan yg sedikit berkuah terus ada sayurannya juga, akhirnya si Ikan Nila mamak olah jadi Pesmol Ikan Nila atau Acar Bumbu Kuning.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pesmol ikan, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan pesmol ikan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan pesmol ikan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Pesmol Ikan memakai 12 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Pesmol Ikan:

  1. Gunakan 1/2 kg ikan (kali ini stocknya ikan patin).
  2. Sediakan 5 siung bawang merah.
  3. Siapkan 2 siung bawang putih.
  4. Siapkan 3 butir kemiri.
  5. Siapkan 3 buah cabe hijau, dirajang.
  6. Sediakan 1 batang wortel di potong korek api, rebus sebentar.
  7. Gunakan 10 buah cabe rawit merah.
  8. Sediakan 1 ruas jahe.
  9. Siapkan 1 btg sereh digeprek.
  10. Ambil 5 lembar Daun jeruk.
  11. Ambil 1 ruas kunyit.
  12. Sediakan Garam dan penyedap rasa (optional).

Pada resep kali ini, ikan nila akan diolah dengan bumbu pesmol. Bumbu berwarna kuning ini terbuat dari bumbu rempah seperti kemiri, kunyit, jahe, dan bawang merah, dengan perpaduan cita rasa asam, gurih dan pedas. Kamu dapat membuat pesmol dari segala jenis ikan yang dapat kamu temui dengan mudah di pasar. Beberapa jenis ikan yang kerap digunakan adalah ikan nila, ikan kembung, ikan lele, ikan bandeng, dan ikan mas.

Cara membuat Pesmol Ikan:

  1. Bersihkan ikan, cuci dan beri sedikit air jeruk nipis untuk menghilangkan amisnya. Sisihkan.
  2. Ulek atau blender, bawang merah, bawang putih, kunyit dan kemiri..
  3. Tumis bumbu yg di haluskan atau diblender tadi. Tambahkan jahe yg digeprek, sereh dan daun jeruk.
  4. Jika bumbu sudah harum masukkan wortel, cabe ijo dan cabe rawit merah. Tambahkan sedikit air..
  5. Masukkan ikan, masak dengan api sedang. Tambahkan garam dan gula merah sedikit. Juga penyedap (jika suka). Biarkan bumbu meresap sampai ikan terlihat matang.
  6. Test rasa. Matikan api. Pesmol siap dihidangkan 😋.

Lihat juga resep Pesmol Ikan (Bumbu Kuning) enak lainnya. Cara Membuat Ikan Gurame Pesmol Enak dan Gurih – Pada kesempatan kali ini kami akan membuat resep tentang masakan yang khas dari daerah Cianjur. Makanan ini sangat banyak diminati oleh semua orang karena rasanya yang begitu nikmat juga memiliki aroma yang sangat khas. Bumbu pesmol yang menjadi salah satu khas masakan sunda ini bisa menjadi pilihan dalam menu olahan aneka ikan. Sebenarnya terdapat banyak variasi dalam memasak bumbu pesmol, pada kesempatan kali ini adalah cara mudah membuat ikan kembung goreng bumbu pesmol sederhana dengan khas warna kuning kunyitnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat pesmol ikan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!