Daging Masak Kecap / Semur Daging. Selain resep semur jengkol, Betawi juga punya bumbu semur spesial yang legit dan lezat. Resep semur daging betawi biasanya juga dipakai buat pelengkap nasi uduk bersama dengan semur telur dan tahu. Semur tidak hanya dikenal sebagai makanan rumahan dengan citarasa manis dan gurih.

Beef stew ala Indonesia ini merupakan modifikasi dari beef smoor yang dibawa Belanda ke nusantara. Di Indonesia diolah dengan kecap dan menggunakan kuah yang lebih encer. Ada pula yang menggunakan kuah kental dan ditambahkan telur, soun, atau tahu.
Anda bisa memasak Daging Masak Kecap / Semur Daging menggunakan 11 bahan dan 6 langkah. Silahkan disimak segala detail dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Daging Masak Kecap / Semur Daging

  1. Ambil 200 gr daging sapi.
  2. Perlu 6 siung bawang merah.
  3. Siapkan 3 siung bawang putih.
  4. Ambil 1/4 sendok teh lada bubuk.
  5. Perlu 1,5 sdm saos tiram.
  6. Siapkan 1,5 sdm kecap.
  7. Perlu Secukupnya gula pasir.
  8. Siapkan Secukupnya garam.
  9. Perlu 2 lembar daun salam.
  10. Siapkan 1 iris jahe 2 cm.
  11. Siapkan 1 iris lengkuas 1 cm.

Setelah itu masukkan daging ayam, masak sampai berubah warna, aduk rata. Tambahkan kecap manis dan tuangkan air pelan pelan, masak sampai daging ayam menjadi lunak, tambahkan potongan kentang, masak sampai semur daging ayam matang. taburkan bawang goreng, angkat dan sajikan. Rempah semur daging tidak sepekat rendang, namun rasa manis dan pedasnya dijamin membuatmu tidak bisa berhenti mengunyah. Memasak semur daging juga lebih singkat.

Instruksi Membuat Daging Masak Kecap / Semur Daging

  1. Cuci daging sampai bersih dan potong dadu/ sesuai selera.
  2. Iris tipis bawang merah dan putih, geprek jahe dan lengkuas.
  3. Panaskan 4 sdm minyak, masukkan bawang merah dan putih, lengkuas, jahe, salam, sampai berwana kecoklatan.
  4. Masukkan daging, tumis sampai keluar berubah warna, tambahkan 3/4 gelas air.
  5. Masukkan saus tiram, kecap, gula, garam dan lada.
  6. Diamkan sampai daging empuk dan air berkurang.koreksi rasa, sajikan..

Masakan ini dikenal sebagai menu yang mengandalkan teknis perebusan dengan api sedang hingga bumbu meresap. Lihat juga resep Daging kecap manis enak lainnya! Daging masak kicap or soy sauce beef is one of the beef dishes I often make at home. It's an easy Malay recipe but the taste is absolutely delicious. It takes only a few ingredients—a tender cut of beef, soy sauce, and sweet soy sauce.