Pempek Dos (tanpa ikan). Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Pempek Dos ( Pempek tanpa ikan) Kalau sempat saya posting resep pempek ikan teri, kali ini saya mencoba resep pempek dos. disebut pempek dos karena tidak menggunakan bahan ikan dalam adonannya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya. Kalau pada umumnya pempek atau empek – empek menggunakan ikan tenggiri, tapi disini saya akan membuat pempek versi ekonomis yaitu pempek atau empek-empek tanpa ikan atau dikenal dengan pempek Dos. Nama pempek DOS memang terdengar unik.

Sedang mencari inspirasi resep pempek dos (tanpa ikan) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek dos (tanpa ikan) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek dos (tanpa ikan), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pempek dos (tanpa ikan) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Pempek Dos ( Pempek tanpa ikan) Kalau sempat saya posting resep pempek ikan teri, kali ini saya mencoba resep pempek dos. disebut pempek dos karena tidak menggunakan bahan ikan dalam adonannya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan pempek dos (tanpa ikan) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Pempek Dos (tanpa ikan) menggunakan 22 jenis bahan dan 20 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pempek Dos (tanpa ikan):

  1. Gunakan 200 gr Tepung terigu.
  2. Ambil 3 butir Telur Ayam.
  3. Siapkan 350 gr Tepung tapioka.
  4. Sediakan 5 siung Bawang Putih.
  5. Siapkan 1 sdt Garam.
  6. Siapkan Sepotong terasi yg sudah dibakar.
  7. Ambil Bahan isian :.
  8. Sediakan 2 butir Telur Ayam.
  9. Gunakan 1/2 sdt Kaldu ikan bubuk.
  10. Sediakan 1/2 sdt Garam.
  11. Siapkan Bahan cuko :.
  12. Sediakan 1/2 sdt Garam.
  13. Sediakan 2 blok Gula Merah.
  14. Gunakan 2 sdm Gula.
  15. Gunakan 1 sdt Garam.
  16. Gunakan 5 bh Cabe Rawit.
  17. Ambil 2 bh Cabe Merah.
  18. Sediakan 4 mata Asam Jawa.
  19. Gunakan 400 ml Air.
  20. Siapkan Pelengkap :.
  21. Ambil 2 bh Mie Keriting.
  22. Ambil 1 bh Timun.

Nama ini ternyata diambil karena saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'. Hasilnya sih tetap enak ya, apalagi cukonya 🤤 setidaknya mengobati kangen makan pempek asli palembang yg biasa dibawain suami klo dari dinas di s. Siapkan bahan-bahan lalu campur bahan biang dalam panci. Jangan khawatir, resep pempek dos alias pempek tanpa ikan dari Ny.

Cara membuat Pempek Dos (tanpa ikan):

  1. Siapkan bahan.
  2. Campur kedua tepung.
  3. Uleg bawang putih, terasi, garam.
  4. Campur bumbu uleg pada tepung. Aduk-aduk..
  5. Beri 200ml air panas, aduk rata. Kemudian masukkan telur..
  6. Aduk hingga semua tercampur..
  7. Tambahkan tepung tapioka dan tepung terigu lagi hingga adonan menjadi kalis. Sisihkan.
  8. Campur telur dengan kaldu bubuk ikan dan garam. Kocok lepas.
  9. Bentuk adonan menyerupai kantong. Isi dengan 2sdm kocokan telur..
  10. Tutup rapat adonan, menyerupai pastel. Taburi dengan tepung terigu supaya tidak saling lengket..
  11. Rebus air hingga mendidih, beri minyak goreng. Kemudian masukkan pempek. Rebus hingga mengambang.
  12. Setelah semua pempek mengambang. Angkat dan tiriskan..
  13. Cara membuat cuko: Uleg semua bumbu hingga halus.
  14. Tambahkan sisiran gula merah..
  15. Rebus air hingga mendidih. Masukkan bumbu uleg. Test rasa..
  16. Setelah benar-benar pas rasanya, matikan api. Saring ampasnya kemudian dinginkan..
  17. Panaskan minyak, masukkan pempek. Goreng hingga kecoklatan..
  18. Balik kesatu sisinya hingga semua sisi kecoklatan.
  19. Setelah semua sisi matang, angkat dan tiriskan..
  20. Potong kecil-kecil atau sesuai selera. Bahan Pelengkap : Rebus mie hingga matang, angkat dan tiriskan. Kupas timun dan potong dadu. Tata pempek, mie dan siram dengan cuko. Taburi timun. Selamat menikmati..

Liem walau tidak menggunakan cincangan ikan namun tampangnya sangat menjanjikan. Jadi berakhirlah saya, di hari Minggu kemarin, berkutat di dapur membuat pempek tanpa ikan yang ternyata rasanya tetap gurih dan lezat. Hasilnya sih tetap enak ya, apalagi cukonya 🤤 setidaknya mengobati kangen makan pempek asli palembang yg biasa dibawain suami klo dari dinas di s. Goreng pempek dalam minyak panas sampai permukaannya kecoklatan, angkat serta tiriskan. Selesai dong resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut nya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pempek dos (tanpa ikan) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!