97. Empek-empek #11. Resep Empek Empek – Empek empek merupakan makan khas Palembang yang terbuat dari daging yang digiling dengan tambahan tepung kanji. Namun sekarang ini Anda dapat menikmati empek empek dimana saja dan sudah banyak jenis empek empek yang tidak hanya terbuat dari daging ikan giling. Mengenal Empek-Empek, si Gurih dari Palembang.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Jika Anda berkeliling ke Sumatra Selatan, empek-empek bisa dijumpai di hampir seluruh wilayah ini, bukan hanya di Palembang. Ngga nyangka bisa bikin empek-empek sendiri, ternyata mudah, seperti bikin bakso. Sebelumnya selalu beli, saya bikin dari resep Dapoermiyami, enaaak sekalllii😁saya ubah sedikit takarannya memakai bahan yang saya punya.

Sedang mencari ide resep 97. empek-empek #11 yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 97. empek-empek #11 yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 97. empek-empek #11, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan 97. empek-empek #11 enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Resep Empek Empek – Empek empek merupakan makan khas Palembang yang terbuat dari daging yang digiling dengan tambahan tepung kanji. Namun sekarang ini Anda dapat menikmati empek empek dimana saja dan sudah banyak jenis empek empek yang tidak hanya terbuat dari daging ikan giling. Mengenal Empek-Empek, si Gurih dari Palembang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 97. empek-empek #11 sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat 97. Empek-empek #11 memakai 19 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan 97. Empek-empek #11:

  1. Sediakan Bahan biang :.
  2. Ambil 100 gr tepung terigu.
  3. Siapkan 200 ml air.
  4. Siapkan Secukupnya garam, kaLdu bubuk.
  5. Sediakan Bahan Lainnya :.
  6. Siapkan 1 ekor ikan kerapu ukuran sedang, ambiL dagingnya.
  7. Ambil 200 gr tepung sagu.
  8. Ambil 1 butir teLur.
  9. Gunakan 2 siung bawang putih, haLuskan.
  10. Gunakan Secukupnya garam, kaLdu bubuk.
  11. Gunakan Isian :.
  12. Ambil 1 butir teLur, kocok Lepas beri kaLdu bubuk.
  13. Gunakan Bahan cuko :.
  14. Ambil 1 buah cabe merah keriting.
  15. Gunakan 2 siung bawang putih.
  16. Siapkan 4 buah batok GuLa merah.
  17. Sediakan Secukupnya garam.
  18. Siapkan Secukupnya cuka.
  19. Gunakan Secukupnya air.

Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan "apek", yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina. Arti kata empek menurut KBBI empek [em·pek] Kata Nomina (kata benda) Pengucapan: empék Arti: bapak; Emepek empek adalah salah satu makanan yang berasal dari daerah sumatera tepatnya di Palembang. Makanan ini memiliki pendamping yaitu yang sering di sebut dengan cuka. Banyak sekali jenis pempek yang bisa kita dapatkan mulai dari pempek kapal selam, pempek ikan dan masih bayak lagi.

Cara menyiapkan 97. Empek-empek #11:

  1. Bahan biang : daLam panci campur tepung terigu, air, garam, dan kaLdu bubuk, aduk rata, LaLu masak sambiL diaduk2 sampai jd adonan yg kentaL. Sisihkan, biarkan sampai hangat..
  2. Pindahkan bahan biang yg sudah hangat ke daLam baskom. Tambahkan daging ikan kerapu, bawang putih yg sudah dihaLuskan, dan teLur. Aduk menggunakan sendok kayu..
  3. Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit, beri garam dan kaLdu bubuk jg secukupnya. Jangan Lupa taburi tangan dengan tepung sagu biar nggak Lengket. Bentuk sesuai seLera, mau Lenjer atau kapaL seLam. Untuk adonan kapaL seLam, ambiL sedikit adonan, bentuk buLat, buat Lubang di tengahnya, isi dengan teLur, LaLu Lipat biar ketutup, dicubit2 atasnya (kyk bikin pasteL).
  4. Didihkan air, beri sedikit minyak goreng dan garam. Rebus empek-empek sampai matang, mengambang. Jika sidang mengambang jangan Langsung diangkat, biarkan sampai adonan mengembang jd besar..
  5. Untuk cukonya : didihkan air, masukkan guLa merah, tambahkan uLegan cabe dan bawang putih, beri garam secukupnya. Masak sampai guLa Larut. Beri cuka sesuai seLera. Angkat dan saring..
  6. Penyajian : taruh empek-empek yg sudah digoreng dan dipotong2 daLam mangkok, beri potongan timun, dan beri cuko nya. Ini versi simpLe dan irit ya… 😁😁.

Daftar resep pempek : Mpek mpek Pempek dos ekonomis Pempek ikan sarai/dencis besar anti gagal Pempek Panggang. Lihat juga resep Empek empek ikan kerapu enak lainnya. Akan tetapi, disalah satu sisi melimpahnya ikan hasil tangkapan. Empek-empek Palembang merupakan makanan khas kota yang terkenal juga dengan jembatan amperanya ini serta sungai Musinya. Awal mula sejarah jajanan ini berasal dari masyarakat keturunan Tionghoa yang tinggal di pinggiran Sungai Musi.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan 97. Empek-empek #11 yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!