Ayam goreng rempah (lengkuas). Resep Ayam goreng rempah lengkuas ala RM Mergosari. Seneng banget kemaren bisa bikin ayam goreng kayak gini. Ini salah satu ayam goreng favorit yang biasa kami beli di RM Mergosari.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Sajian ayam goreng rempah wangi dilengkapi serundeng parutan lengkuas telah menjadi makanan favorit banyak orang di Indonesia. Selain gurih, aroma bumbu dan rempah yang melengkapi menu ini pun tak pernah gagal menggugah selera, hingga bahkan cocok disajikan sebagai menu spesial di Hari Raya. Ayam goreng rempah lengkuas. (Instagram/@dhiahoodie) Cara membuat ayam goreng lengkuas: Pertama-tama, travelers bisa haluskan sejumlah bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe dan juga kunyit.

Lagi mencari ide resep ayam goreng rempah (lengkuas) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam goreng rempah (lengkuas) yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng rempah (lengkuas), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ayam goreng rempah (lengkuas) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Resep Ayam goreng rempah lengkuas ala RM Mergosari. Seneng banget kemaren bisa bikin ayam goreng kayak gini. Ini salah satu ayam goreng favorit yang biasa kami beli di RM Mergosari.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ayam goreng rempah (lengkuas) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam goreng rempah (lengkuas) memakai 13 jenis bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ayam goreng rempah (lengkuas):

  1. Gunakan 1 1/2 ekor ayam, potong2 sesuai selera.
  2. Gunakan 5 siung bawang putih.
  3. Siapkan 6-8 siung bawang merah (me : ukuran kecil).
  4. Siapkan 7-8 biji kemiri.
  5. Siapkan 1 1/2 sdm ketumbar.
  6. Ambil 2 cm kunyit yang sudah dikupas kulitnya.
  7. Siapkan 1 ruas jahe.
  8. Sediakan 5 lembar daun salam.
  9. Siapkan 2 ruas lengkuas (me : lebih dari 2 ruas, sesuai selera).
  10. Siapkan 2 batang sereh.
  11. Siapkan secukupnya Garam.
  12. Gunakan Kaldu bubuk secukupnya (me : kaldu jamur).
  13. Ambil secukupnya Air.

Tumis bumbu halus beserta daun salam, lengkuas, sereh hingga aromanya harum lalu tambahkan perasa dan juga sedikit air. Resep Ayam Goreng Lengkuas – Ayam goreng lengkuas merupakan salah satu kuliner khas Indonesia dengan citarasa masakan Sunda yang super enak dan lezat. Jika dilihat, sekilas olahan ayam goreng yang satu ini mirip sekali dengan ayam goreng serundeng kelapa dan juga ayam goreng kremes yang terbuat dari tepung berbumbu. Resep Ayam Goreng Lengkuas Laos Lengkap Dengan Cara Membuat Kremesan Ayam Yang Gurih, Renyah dan Lezat.

Langkah-langkah membuat Ayam goreng rempah (lengkuas):

  1. Siapkan semua bumbu halus dan lengkuas yang akan diparut.
  2. Parut lengkuas lalu sisihkan.
  3. Ulek bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, kemiri dan kunyit hingga halus.
  4. Tumis bumbu yang sudah diulek tadi bersama sereh, daun salam dan lengkuas yang sudah diparut tadi hingga harum, menggunakan api sedang. Tambahkan garam, kaldu bubuk dan air. Lalu tes rasa.
  5. Masukkan ayam kedalam bumbu yang sudah diberi air tadi. Lalu masak ayam hingga bumbu meresap dan air mengering.
  6. Selama proses peresapan bumbu ini, jangan lupa untuk mengaduk sesekali ya.
  7. Setelah air mengering, matikan api dan dinginkan ayam. Setelah dingin bisa dimasukkan kedalam wadah kedap udara dan disimpan kedalam kulkas (bukan freezer).
  8. Jika ingin langsung digoreng juga bisa. Goreng dengan menggunakan minyak panas yang banyak dengan api sedang.
  9. Goreng ayam hingga kecokelatan, angkat lalu tiriskan. (Saya agak over cook, karna waktu masak sekalian ngelayanin balita).
  10. Lalu goreng sisa bumbu hingga kecokelatan, angkat lalu tiriskan.
  11. Tata ayam diatas piring dengan taburan bumbu rempah yang sudah digoreng diakhir tadi. Dan ayam goreng rempah lengkuas pun siap dihidangkan bersama nasi hangat, timun, kemangi dan tahu tempe 🥰.

Ayam goreng lengkuas atau laos adalah salah satu resep ayam goreng bumbu rempah tradisional yang sudah ada sejak jaman ibu ataupun nenek kita. Siapkan bahan laos atau lengkuas yang akan dibuat bumbu. Lalu parut kasar dengan jumlah yang dikehendaki lalu beri bumbu rempah lainnya. Resep Ayam Goreng Lengkuas Malang Spesial Serundeng Kremesan ayam goreng lengkuas laos malang Bagi Anda yang sangat suka dengan olahan ayam goreng, maka alangkah baiknya untuk mencoba salah satu resep yang satu ini yaitu bernama ayam goreng bumbu lengkuas. Pasalnya bukan hanya mempunyai rasa yang sangat enak dan maknyus, akan tetapi jenis masakan tradisional yang sering ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia tersebut, menjadi salah satu jenis masakan sehari-hari yang sangat.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam goreng rempah (lengkuas) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!