Ayam Goreng Bumbu Rujak. Find Deals on Bumbu Ayam Goreng in Seasonings on Amazon. Keluarga kami penggemar masakan dari bahan Daging Ayam. Umumnya yang diolah dengan bumbu yang banyak.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Memang, kalau sedang bosan dengan menu yang sama, secara otomatis semangat makan jadi berkurang drastis. Makan sih ya makan, tapi terasa kurang greget gitu karena lauknya kurang nendang. Sebenarnya, bumbu rujak tidak hanya dipadukan dengan ayam saja, namun juga bisa anda padukan dengan ikan bakar, bebek bakar, dan lain-lain.

Anda sedang mencari ide resep ayam goreng bumbu rujak yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng bumbu rujak yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng bumbu rujak, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ayam goreng bumbu rujak enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Find Deals on Bumbu Ayam Goreng in Seasonings on Amazon. Keluarga kami penggemar masakan dari bahan Daging Ayam. Umumnya yang diolah dengan bumbu yang banyak.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ayam goreng bumbu rujak yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam Goreng Bumbu Rujak menggunakan 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Ayam Goreng Bumbu Rujak:

  1. Sediakan 1/2 kg ayam potong.
  2. Siapkan 1 bks santan kara.
  3. Siapkan 2 lbr daun salam.
  4. Siapkan 1 batang sereh geprek.
  5. Sediakan 1 sdm asam jawa.
  6. Gunakan 2 sdm gula merah.
  7. Sediakan Bumbu halus.
  8. Gunakan 5 siung bawang merah.
  9. Ambil 3 siung bawang putih.
  10. Ambil 2 butir kemiri.
  11. Gunakan Secukupnya garam.
  12. Siapkan Secukupnya penyedap rasa.
  13. Ambil 2 ruas jari kunyit.
  14. Sediakan 2 ruas jari jahe.

Ternyata, bumbu rujak ini berasal dari daerah Jawa Timur, kemudian kepopulerannya semakin berkembang ke berbagai daerah di Indonesia dan menjadi makanan favorit beberapa orang dan kalangan. Ilustrasi ayam goreng bumbu rujak (foto: Notepam) Hidup jauh dari kampung halaman terkadang membuat kamu rindu dengan masakan rumahan. Kadang kamu bisa membeli makanan Indonesia dari berbagai rumah makan yang menjamur, meskipun ada kalanya tetap ingin membuat masakan sendiri. Masukkan potongan ayam, aduk hingga merata.

Cara menyiapkan Ayam Goreng Bumbu Rujak:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum,masukkan daun salm dan batang sereh,tunggu sampai layu..
  2. Kemudian masukkan air dan santan kara(di kira² biar ayam nya kelelep 😉),masukkan garam, penyedap rasa,asam jawa dan gula merah.aduk² sampai mendidih..
  3. Cek rasa,bila sudah pas masukkan ayam.tunggu sampai kemarau 😆(sampai air asat yaaa).
  4. Setelah itu,ayam boleh di goreng,di panggang/di bakar,asal jangan di buang,sayang mak..

Tutup wajan, masak ayam sampai bumbu meresap. Tambahkan gula, garam,kaldu bubuk, dan air asam jawa, aduk sesekali. Biarkan bumbu meresap ke dalam daging ayam. Setelah bumbu meresap sempurna, angkat ayam goreng bumbu rujak dan sajikan selagi hangat. Biar rasanya makin maknyus, Kamu juga bisa menambahkan takaran air asam jawa pada bumbu rujaknya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam goreng bumbu rujak yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!