Pindang Serani Ikan Kuah. Jika mendengar kata pindang, pasti dipikirkan adalah ikan pindang pada umumnya. Namun dalam masakan khas Jepara ini, masakan pindang merupakan makanan. Gunakan ikan yang segar untuk hasil yang terbaik.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Resep Pindang Ikan – Ikan merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Konsumsi ikan secara rutin dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas tubuh. Kandungan proteinnya yang tinggi membuat hewan yang hidup di air ini terasa sangat gurih dan lezat.

Lagi mencari inspirasi resep pindang serani ikan kuah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pindang serani ikan kuah yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pindang serani ikan kuah, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan pindang serani ikan kuah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Jika mendengar kata pindang, pasti dipikirkan adalah ikan pindang pada umumnya. Namun dalam masakan khas Jepara ini, masakan pindang merupakan makanan. Gunakan ikan yang segar untuk hasil yang terbaik.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pindang serani ikan kuah yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Pindang Serani Ikan Kuah memakai 15 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Pindang Serani Ikan Kuah:

  1. Ambil Ikan apa aja, kami bandeng yg mudah didapat. 1 ekor setara 1kg.
  2. Ambil #Kalow kmi,ikan disisiki dan motongnya dipnjual. Tinggl di cuci.
  3. Gunakan 3 btr bawang putih.
  4. Gunakan 5 btr bawang merah.
  5. Gunakan 3 bh belimbing wuluh/sayur.
  6. Sediakan 3 bh tomat hijau (mau tomat merah/kuning, silakan).
  7. Ambil 5 bj cabai rawit (sesuai selera).
  8. Siapkan 1 potong kecil laos.
  9. Siapkan 1-2 lembar daun salam.
  10. Siapkan 2 lembar daun jeruk purut.
  11. Ambil 1 batang daun kemangi,petiki kl ndak pake gak mngapa.
  12. Sediakan Kunir segar/kunir bubuk, walau punya saya skip.
  13. Siapkan Garam gula royco ayam secukupnya kaldu jamur bl punya beri sdkit.
  14. Sediakan 1,5 liter Air.
  15. Siapkan 1 ruas kunci.

Pindang serani adalah makanan khas dari Jepara berupa semacam sup ikan laut. Rasa pindang serani merupakan perpaduan rasa pedas, asem dan manis yang umumnya disajikan pada siang hari. Sajian ikan pindang bening dengan ikan laut ini terasa ringan dan segar. Lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan.

Cara menyiapkan Pindang Serani Ikan Kuah:

  1. Didihkan air, kalau sudah masak pake api kecil..
  2. (Di atas kompor saya me- rajangnya:bawang putih kasar, bawang merah diiris menjadi 2/4 bagian, tomat ijo, blimbing sayr. #jd langsung nyemplung di panci & masak..
  3. Masukkan ikan, beri garam. Beri laos, daun jeruk dan daun salam. Masuk lagi daun daunan +cabe,aduk. Masak sampai mateng & daun empuk. Beri perasa lainnya: gula, royco, totole..
  4. Koreksi rasa. Matikan kompor. Sajikan.
  5. .
  6. .
  7. .

Kuahnya yang bening agak kekuningan terasa segar sekali di mulut. Lebih nikmat lagi jika disantap Penasaran bagaimana membuatnya? Pindang ikan adalah masakan berkuah yang d ikenal sebagai ikon kuliner Sumatra Selatan. Sajian ini memiliki kemiripan dengan pangek masi di Ranah Minang, asam pedas dalam kuliner Melayu, gangan atau lempah dalam kuliner Bangka-Belitung, atau pindang serani di Tanah Jawa. Pindang serani memiliki rasa yang manis, asam dan pedas.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pindang Serani Ikan Kuah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!