Garang Asem Ayam. Garang asem merupakan resep makanan khas dari Jawa Tengah. Makanan ini sudah sangat familiar bagi masyarkat terutama orang Jawa. Banyak sekali variasi dari masakan ini seperti resep garang asem daging, garang asem ayam, garang asem ayam bening, dan masih banyak lagi.

Ketika disantap, garang asem ayam nikmatnya tiada tara. Bercita rasa asam dari belimbing wuluh dan tomat, pedas dari cabe rawit, gurih dari ayam dan santan, serta wangi dari daun salam dan daun pisang pembungkusnya. Tak heran, sepiring nasi hangat akan ludes seketika jika disandingkan bersama sajian ini.
Anda bisa mendapatkan Garang Asem Ayam menggunakan 18 bahan dan 5 langkah. Silahkan disimak segala informasi penting dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Garang Asem Ayam

  1. Perlu 1/2 ekor ayam.
  2. Siapkan 1 buah jeruk nipis.
  3. Siapkan 250 ml air.
  4. Ambil 65 ml santan kental.
  5. Perlu 3 buah rawit merah utuh.
  6. Siapkan 2 lembar daun salam.
  7. Perlu 3 lembar daun jeruk buang tulang sobek kasar.
  8. Siapkan 1 batang sereh geprek.
  9. Perlu 2 cm lengkuas geprek.
  10. Siapkan 1/2 sdt kaldu jamur.
  11. Ambil Seukupnya garam.
  12. Siapkan Secukupnya gula.
  13. Ambil iris Bumbu.
  14. Perlu 6 bawang merah.
  15. Perlu 3 bawang putih.
  16. Ambil 1 cabe hijau besar.
  17. Ambil 1 cabe merah keriting.
  18. Perlu 3 tomat hijau (pengganti belimbing wuluh).

Garang Asem kota Tuban beda banget dg garang asem dr Jawa Tengah atau daerah lain. Dan bahan yg dimasak pun lebih sering ikan laut meskipun bisa jg ayam atau daging. Cita rasanya pedas, asam dengan bumbu lengkap yg ditumis. Ayam yang digunakan biasanya Ayam potong, tetapi kalau lebih suka Ayam Kampung juga bisa digunakan.

Langkah Langkah Membuat Garang Asem Ayam

  1. Cuci bersih ayam, kucuri dengan jeruk nipis & garam, remas2 agar meresap, diamkan 15 menit.
  2. Tumis bumbu iris, bawang merah, bawang putihsampai harum, masukkan lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk.
  3. Masukkan ayam, aduk sebentar,masukkan air tambahkan cabe hijau, cabe merah & cabe rawit. Masak sampai mendidih..
  4. Tuang santan kental, timba2 agar santan tidak pecah.
  5. Masukkan tomat hijau, tambahkan kaldu jamur, garam & gula aduk rata,masak sampai kuah agak menyusut & bumbu meresap, koreksi rasa & sajikan.

Garang asem adalah makanan khas Jawa Tengah, merupakan olahan ayam yang berkuah santan dimasak dengan menggunakan daun pisang dan didominasi oleh rasa pedas asam. Salah satu kuliner garang asem yang cukup populer adalah garang asem khas Kudus, biasa dihidangkan dengan nasi hangat, tempe goreng serta perkedel. Resep dengan petunjuk video: Garang Asam Ayam adalah salah satu masakan Jawa Tengah yang pembuatannya sangat sederhana dan singkat. Di bungkus dengan daun pisang, di beri santan yang gurih. Cara Membuat resep Garang Asem Ayam : Cuci ayam hingga bersih.