Rujak Kuah Segar / Rujak Gobet. Rujak gobet merupakan varian rujak manis yang unik, karena buah-buahan tidak dipotong, melainkan diparut. Biasanya disajikan dengan kuah manis, asam, dan pedas yang segar. Kali ini IDN Times merangkum resep terbaik membuat rujak gobet yang praktis dan mudah.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Rujak buah pun banyak ragamnya, mulai dari rujak manis sampai rujak serut. Kali ini kita akan belajar cara membuat rujak gobet yang disajikan dengan kuah asam, manis, pedas. Lihat juga resep Rujak Gobet / Rujak Serut enak lainnya.

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep rujak kuah segar / rujak gobet yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal rujak kuah segar / rujak gobet yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari rujak kuah segar / rujak gobet, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan rujak kuah segar / rujak gobet enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Rujak gobet merupakan varian rujak manis yang unik, karena buah-buahan tidak dipotong, melainkan diparut. Biasanya disajikan dengan kuah manis, asam, dan pedas yang segar. Kali ini IDN Times merangkum resep terbaik membuat rujak gobet yang praktis dan mudah.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat rujak kuah segar / rujak gobet yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Rujak Kuah Segar / Rujak Gobet memakai 11 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Rujak Kuah Segar / Rujak Gobet:

  1. Ambil 2 buah mangga muda.
  2. Sediakan 1 buah nanas ukuran sedang (tidak terlalu mateng).
  3. Sediakan Bahan kuah :.
  4. Ambil 2 cabe rawit merah (kasih lebih jika suka pedes).
  5. Gunakan 4 cabe keriting.
  6. Ambil 2 sdm gula merah (yang sudah diiris tipis).
  7. Ambil 1 sdt garam.
  8. Ambil 50 gr gula pasir (boleh ditambah jika suka manis).
  9. Siapkan 1 sdt asam jawa.
  10. Ambil 1 sdm cuka masak.
  11. Ambil Air secukupnya (me : 2 gelas belimbing).

RUJAK gobet merupakan makanan khas Jawa yang terdiri dari beragam buah segar. Buah-buahan dibikin menjadi satu dengan saus pedas dan asam. Rujak gobet cocok dimakan saat panas siang hari. Masukkan gula jawa, gula pasir, garam, dan asam.

Cara menyiapkan Rujak Kuah Segar / Rujak Gobet:

  1. Bersihkan mangga muda dan nanas, iris/ parut sesuai selera, simpan jadi satu di mangkok besar, sisihkan. (note : sebelum dicuci, nanas dilumuri air garam dulu supaya getahnya hilang, kemudian baru dicuci bersih).
  2. Bikin kuahnya : masak air, masukan cabe yg sudah diulek kasar, dan masukan semua bahan lain kecuali cuka. Rebus sampai mendidih dan tidak langu. Sambil menunggu mendidih, boleh disesuaikan rasa manis-asinnya sesuai selera..
  3. Matikan kompor lalu tambahkan cuka, aduk rata..
  4. Selagi kuah masih panas, siram ke mangga dan nanas yg sudah dipotong-potong sebelumnya. Siramnya sambil disaring ya.. biar kuahnya bersih. Biasanya kulit-kulit cabe yg tersaring, aq ambilin sedikit dan ku masukan ke rujak, biar lebih cakep aja rujaknya.. 😁.
  5. Kalo sudah tidak panas, simpan rujak di wadah tertutup dan diamkan di kulkas sampai dingin. Kalo aq didiamkan semalaman, biar rasa kuah menyerap sempurna ke buahnya. Sajikan dingin-dingin.. Hhmmm… manis, asem, asin, pedess rameee rasanya. 😁😍🤗.

Bisa ditambah es batu sesuai selera. Rujak yang satu ini berasal dari Kota Surabaya. Yap, kota Surabaya mempunyai rujak buah yang segar, yakni rujak gobet. Aneka buah seperti kedondong, bengkoang, mangga, nanas, ketimun, ubi jalar, dan jeruk Bali diserut kasar dan direndam bumbu rujak bercitarasa pedas, manis, dan gurih. Aneka buah seperti kedondong, bengkoang, mangga, nanas, ketimun, ubi jalar, dan jeruk Bali nantinya akan diserut kasar dan direndam bumbu rujak yang pedas-manis-gurih.

Demikian resep terbaik memasak Rujak Kuah Segar / Rujak Gobet, silahkan dipraktekkan ditempat anda dengan mengikuti semua bahan bahan dan langkah langkah detail tersebut diatas. Ingat dibookmark web ini sehingga anda bisa dengan cepat kembali kesini jika ada yang terlupa atau berharap mendapatkan artikel resep menarik yang lainnya. Atau berikan email anda, agar selalu memperoleh update resep terkini dari kami. Selamat memasak!. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com