Sayur Asem Kuning (Pakai Daging). Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem. Bahkan setiap daerah memiliki rasa dan variasi sayur yang berbeda ada yang ditambah dengan ikan maupun daging sebagai bahan utamanya. Meski sayur asem beragam, tapi semua rasanya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Jika sayur asem yang Anda masak biasanya tidak pakai kangkung, kali ini Anda patut mencobanya. Kangkung bukan hanya bisa dimasak tumis atau. Sayur asem Jakarta yang membedakan dengan sayur asam lainnya adalah pemakaian cabe dan kemiri.

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem kuning (pakai daging) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem kuning (pakai daging) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem kuning (pakai daging), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sayur asem kuning (pakai daging) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem. Bahkan setiap daerah memiliki rasa dan variasi sayur yang berbeda ada yang ditambah dengan ikan maupun daging sebagai bahan utamanya. Meski sayur asem beragam, tapi semua rasanya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sayur asem kuning (pakai daging) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Sayur Asem Kuning (Pakai Daging) menggunakan 22 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sayur Asem Kuning (Pakai Daging):

  1. Ambil Air untuk Merebus.
  2. Gunakan minyak untuk menumis.
  3. Ambil Bahan Sayur Asem(biasanya kalo beli ditukang sayurn udh sepaket).
  4. Sediakan Melinjo.
  5. Gunakan Daun Melinjo.
  6. Siapkan Kacang Panjang.
  7. Ambil Pepaya muda.
  8. Gunakan Labu siam.
  9. Sediakan Kacang tanah/Kacang Bogor.
  10. Siapkan Jagung.
  11. Gunakan Asem Muda.
  12. Ambil Bumbu haluskan.
  13. Gunakan Bawang Merah.
  14. Siapkan Bawang Putih.
  15. Sediakan Cabe rawit atau merah (Sesuai selera).
  16. Ambil Kunyit.
  17. Gunakan Terasi Mateng (kalo saya digarang).
  18. Siapkan Bahan Tambahan (Biar Lebih Sedepp).
  19. Siapkan Daging sapi.
  20. Ambil asem mateng.
  21. Gunakan lengkuas (digeprek).
  22. Ambil daun salam.

Sayur yang dipakai tidak jauh berbeda dengan sayur asem daerah lain. Salah satu formula membuat sayur asem kuning ini hingga berwarna kuning terletak pada penggunaan kunyit. Resep sayur asem yang satu ini beda dari yang lain karena pakai kunyit sebagai rempah. Selain menambah kelezatan, kunyit terkenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Cara menyiapkan Sayur Asem Kuning (Pakai Daging):

  1. Potong sayuran sesuai selera dan cuci bersih..
  2. Rebus daging hingga setengah matang..
  3. Haluskan Bumbu (boleh diuleg/blender), siapkan minyak dan tumis bumbu halus tersebut hingga harum, masukkan daun salam dan lengkuas..
  4. Setelah bumbu matang tuangkan air, tunggu hingga mendidih dan masukkan asem matang..
  5. Setelah itu masukkan daging dan sayuran yg agak keras, seperti pepaya, jagung, asem muda dsb..
  6. Setelah beberapa menit masukan sisa sayuran td..
  7. Tunggu beberapa menit hingga sayur matang merata..
  8. Sayur asam bumbu kuning siap disajikan..

Resep Sayur Asem – Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti pernah mencicipi hidangan khas Indonesia salah satunya adalah sayur asem. Resep sayur asem kuah kuning diatas sangat sederhana dan praktis untuk dipraktekkan dirumah. Jadi seseorang dapat praktek kapan saja, karena. Sayuran buat sayur asem ini nggak perlu harus hijau semua kok, bisa kuning dari jagung manis, oren dari wortel, atau merah dari tomat atau cabe merah. Eh ternyata bisa juga lho kamu pakai resep sayur asem kacang merah.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur asem kuning (pakai daging) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!