soto ayam madura (sumenep). Ini resep asli soto ayam sumenep,sudah lama ingin menulis resep ini karena aku selalu melihat resep soto madura yang ada biasanya bukan resep asli soto madura.paling tidak pembaca bisa tahu ini resep soto ayam sumenep (madura ) yang sebenarnya, sayang fotonya. Soto Ayam Sumenep ini,isiannya ketupat,daging ayam,soun,taoge goreng,dan yang unik diberi sambal kacang,,,, Sambal kacangnya ini,biasanya dipakai untuk bumbu Rujak Topa' khas Madura Jadi makan Soto Ayam Sumenep ini memang unik,makan soto yang berasa rujak,,, Happy Cooking,,,, Source Lialialia dan Bunda Ei. #Semarak_Kusukasoto #Kusukasoto #. Lihat juga resep Soto singkong daging khas sumenep madura enak lainnya!

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Kota yang termasuk masih dalam kawasan Jawa Timur ini memang memiliki budaya yang sangat khas. Hal ini terbukti dari cara bicaranya yang berbeda serta terkenal dengan keramah-tamahan masyarakatnya. Sumenep memang sudah dikenal sebagai salah satu daerah wisata di Madura.

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep soto ayam madura (sumenep) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto ayam madura (sumenep) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam madura (sumenep), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan soto ayam madura (sumenep) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Ini resep asli soto ayam sumenep,sudah lama ingin menulis resep ini karena aku selalu melihat resep soto madura yang ada biasanya bukan resep asli soto madura.paling tidak pembaca bisa tahu ini resep soto ayam sumenep (madura ) yang sebenarnya, sayang fotonya. Soto Ayam Sumenep ini,isiannya ketupat,daging ayam,soun,taoge goreng,dan yang unik diberi sambal kacang,,,, Sambal kacangnya ini,biasanya dipakai untuk bumbu Rujak Topa' khas Madura Jadi makan Soto Ayam Sumenep ini memang unik,makan soto yang berasa rujak,,, Happy Cooking,,,, Source Lialialia dan Bunda Ei. #Semarak_Kusukasoto #Kusukasoto #. Lihat juga resep Soto singkong daging khas sumenep madura enak lainnya!

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah soto ayam madura (sumenep) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan soto ayam madura (sumenep) menggunakan 15 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan soto ayam madura (sumenep):

  1. Sediakan 1 ekor ayam kampung ukuran sedang.
  2. Siapkan 12 siung bawang putih.
  3. Siapkan 2 cm jahe.
  4. Sediakan secukupnya merica.
  5. Gunakan secukupnya pala.
  6. Sediakan secukupnya bawang merah goreng.
  7. Gunakan secukupnya bawang putih goreng.
  8. Gunakan secukupnya bawang daun goreng.
  9. Siapkan 250 gr kecambah goreng.
  10. Sediakan secukupnya kentang digoreng tipis2.
  11. Sediakan 10 buah lontong.
  12. Siapkan 2 bungkus suun.
  13. Gunakan secukupnya kecap.
  14. Ambil secukupnya lombok rawit.
  15. Gunakan 2 biji cengkeh.

Destinasi wisata yang maju dan berkembang, membuat kabupaten ini banyak dikunjungi wisatawan. Namun, tidak hanya tempat wisata yang menggairahkan, Sumenep juga memiliki kuliner khas yang juga tak boleh dilewati. Soto Ayam Madura ini punya kuah lebih bening dengan rasa yang light alias ngga terlalu berasa rempahnya. Untuk isiannya ada potongan ayam kampung, telur, kentang rebus, bihun, tauge goreng dan kerupuk krispi yang dihancurkan plus taburan bawang goreng diatasnya dan perasan jeruk nipis.

Cara membuat soto ayam madura (sumenep):

  1. Rebus ayam yang sudah di cuci dan di potong2 setengah matang, jangan buang kaldunya..
  2. Bumbu: haluskan bawang putih, pala,merica dan jahe..
  3. Tumis bumbu yang sudah di haluskan dan cengkeh sampai wangi, setelah wangi masukkan dalam rebusan ayam..
  4. Masak sampai mendidih dan ayam lunak lalu tambahkan bawang daun goreng,bawang putih goreng, serta bawang merah goreng..
  5. Siapkan pelengkapnya: kentang yang diiris tipis lalu digoreng kering, kecambah goreng,suun yang sudah di rendam air hangat, lombok rawit direbus lalu dihaluskan..
  6. Setelah soto matang dan pelengkap siap, sajikan dalam piring atau mangkuk..
  7. Potong2 kecil lontong, suun, daging ayamnya yang sudah di suwir2 diatas piring,dan taburi kecambah goreng,bawang merah goreng,kecap secukupnya,lalu sirami kuah sotonya..
  8. Taburi kentang goreng, beri sambal..

Sekali lagi, bumbu dan persiapan memasak yang simpel menjadi kekhasan masakan Madura. Yang istimewa, adanya saus kacang yang di ulek dengan petis ikan khas Madura membuat masakan ini beda. Yang membedakan dengan Soto Pamekasan & Soto Bangkalan adalah bumbu kacangnya yang terdiri dari kacang, petis dan pisang muda yang diulek halus. Cara Memasak Soto Daging Madura: Untuk membuat resep soto daging madura di rumah, anda cukup menyiapkan beberapa bahah yang mudah didapatkan. Pertama, rebus daging sapi hingga matang, sehingga didapatkan air kaldu sapi.

Demikian cara membikin soto ayam madura (sumenep), monggo dipraktekkan dirumah anda dengan memperhatikan semua bahan bahan dan langkah detail tersebut. Ingat dibookmark halaman ini sehingga anda mampu dengan cepat kembali kesini jika ada yang terlupa atau ingin mendapatkan artikel resep menarik yang lainnya. Atau berikan email anda, agar selalu mendapatkan update resep terbaru dari kami. Selamat memasak!. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Hilangkan 1 jam di pagi hari dan Anda akan menghabiskan sepanjang hari untuk mencarinya.” -Richard Whately-