Kue Pancong. Kue pancong (in Indonesian and Betawi), kue pancung (in Sumatran Malay), bandros (in Sundanese) or gandos (in Javanese) is an Indonesian kue or traditional snack made of a rice flour and coconut-based batter and cooked in a special mold pan. It is a commonly found snack in Indonesian traditional markets. Lihat juga resep Kue pancong enak lainnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Hanya saja ada perbedaan pada topping dan beberapa bahan tambahan lainnya. Suara.com – Kue pancong menjadi salah satu makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Jajanan khas Jawa Barat ini umumnya terbuat dari campuran tepung beras, daun suji, kelapa parut dan juga santan.

Lagi mencari ide resep kue pancong yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue pancong yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Kue pancong (in Indonesian and Betawi), kue pancung (in Sumatran Malay), bandros (in Sundanese) or gandos (in Javanese) is an Indonesian kue or traditional snack made of a rice flour and coconut-based batter and cooked in a special mold pan. It is a commonly found snack in Indonesian traditional markets. Lihat juga resep Kue pancong enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue pancong, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan kue pancong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kue pancong yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Kue Pancong menggunakan 7 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Kue Pancong:

  1. Gunakan 160 gr tepung beras.
  2. Gunakan 1 sdm tepung tapioka.
  3. Sediakan 1 sdm gula.
  4. Sediakan 1 sdt garam.
  5. Ambil 450 santan kental.
  6. Siapkan 150 gram kelapa parut.
  7. Siapkan Topping sesuai selera (gula pasir yg ditabur, keju, oreo, dll).

Kue pancong sendiri, memiliki bentuk yang menjadi ciri khas yakni setengah lingkaran. Bentuk dari kue pancong ini didapat dari cetakan alumunium, yang menjadi tempat di mana adonan. Kue pancong terkenal sebagai kue tradisional khas masyarakat Betawi. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula pasir, santan, dan kelapa parut.

Cara membuat Kue Pancong:

  1. Panaskan santan. Matikan api.
  2. Masukkan gula dan garam. Aduk rata.
  3. Masukkan tepung beras + tapioka. Aduk cepat.
  4. Masukkan kelapa parut.
  5. Panaskan cetakan. Olesi dengan minyak.
  6. Tuang adonan 3/4 tinggi cetakan. Tutup tunggu agak set.
  7. Beri taburan topping sesuai selera. Tutup lagi tunggu matang sempurna..

Saat mengonsumsi kue ini, dipastikan anda bisa mencicipi rasa manis dan gurih karena perpaduan kelapa parut dan gula pasir yang menjadi adonannya. Kue ini dibuat dengan cetakan tersendiri sehingga berbentuk seperti setengah lingkaran. Resep Cara Membuat Kue Pancong Enak – Kue pancong adalah kue yang terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut sehingga kue pancong ini memiliki rasa yang sangat enak dan gurih. Jenis kue yang satu ini berasal dari betawi yang juga sangat banyak digemari. Tidak hanya orang betawi yang suka dengan kue pancong tetapi orang dari berbagai daerahpun banyak yang.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kue pancong yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!