Mangut Ikan Asap Khas Semarang Super Pedas & Kental. Lihat juga resep Mangut Ikan Asap Khas Semarang Super Pedas & Kental enak lainnya. Resep Mangut Ikan Asap Khas Semarang Super Pedas & Kental. Kalau di Semarang Hobinya makan yang pedas dan gurih.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Masakan dengan cita rasa pedas gurih yg berkuah santan ini memiliki rasa yg unik dan khas yg berasal dari ikan asap. Mangut adalah salah satu masakan khas Semarang dengan bahan dasar ikan asap,,bisa ikan pari,ikan manyung,ikan lele dsb. Masakan dengan cita rasa pedas gurih yg berkuah santan ini memiliki rasa yg unik dan khas yg berasal dari ikan asap.

Anda sedang mencari ide resep mangut ikan asap khas semarang super pedas & kental yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut ikan asap khas semarang super pedas & kental yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan asap khas semarang super pedas & kental, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan mangut ikan asap khas semarang super pedas & kental enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Mangut Ikan Asap Khas Semarang Super Pedas & Kental enak lainnya. Resep Mangut Ikan Asap Khas Semarang Super Pedas & Kental. Kalau di Semarang Hobinya makan yang pedas dan gurih.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat mangut ikan asap khas semarang super pedas & kental yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Mangut Ikan Asap Khas Semarang Super Pedas & Kental menggunakan 20 jenis bahan dan 13 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Mangut Ikan Asap Khas Semarang Super Pedas & Kental:

  1. Ambil Mangut Ikan Asap (10 potong, re: bisa pakai ikan P Asap).
  2. Ambil Telur Puyuh (10 butir, bisa di skip).
  3. Gunakan •••>Bumbu Halus.
  4. Siapkan Bawang Merah (7 Butir).
  5. Gunakan Bawang Putih (4 Butir).
  6. Gunakan Kemiri (7 Butir).
  7. Gunakan Cabe Rawit (12 buah).
  8. Sediakan Cabe Merah Besar (4 buah).
  9. Siapkan Ketumbar bubuk (1 sdt).
  10. Ambil Kunyit (1 ruas 2cm).
  11. Ambil ••••••> Bumbu.
  12. Ambil Sun Kara Segitiga (2 buah/ 130ml, bisa diganti Fiber Creme).
  13. Ambil Daun Salam (2 lembar).
  14. Gunakan Daun Jeruk (3 lembar, sobek).
  15. Gunakan Lengkuas (1 ruas 3-4 cm, memarkan).
  16. Siapkan Jahe (1 ruas 3-4 cm, memarkan).
  17. Gunakan Kencur (1 ruas, memarkan).
  18. Ambil Garam.
  19. Gunakan Gula.
  20. Gunakan Kaldu ayam bubuk (royco/masako bisa di skip).

Coba saja resep mangut ikan asap yang satu ini, acara makan siang bersama keluarga di rumah pun akan semakin nikmat dengan sajian masakan mangut ini. Mangut merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Jawa Tengah, khususnya daerah pesisir seperti Semarang dan sekitarnya. Setau saya Mangut adalah masakan khas dari Semarang (mohon maaf jika salah ),menggunakan ikan asap di masakan mangut harum aroma khas ikan asap sangat dominan di sayur ini, berbagai campuran bumbu dapur masuk dalam resep masakan ini, diantaranya adalah kencur dan daun jeruk purut. masakan termasuk ke dalam jenis masakan yang bersantan, mempunyai citarasa pedas yang membuat orang ketagihan . COM, SEMARANG – Mangut dikenal sebagai makanan khas yang mudah ditemukan di jalur Pantai Utara (Pantura).

Cara membuat Mangut Ikan Asap Khas Semarang Super Pedas & Kental:

  1. Cuci Mangut & Bumbu2 sampai bersih, Tiriskan.
  2. Haluskan (Tumbuk/Uleg) Bawang Merah, Bawang Putih, Ketumbar bubuk, Cabe Rawit, Cabe Besar, Kunyit,).
  3. Sobek kasar (ukuran besar) Daun Jeruk.
  4. Memarkan Jahe, Lengkuas & Kencur.
  5. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, jahe, lengkuas & kencur hingga wangi..
  6. Masukan Air.
  7. Masukan Mangut Ikan Asap.
  8. Panaskan hingga meresap dan air berkurang separuhnya.
  9. Tambahkan Garam, Gula & Kaldu ayam bubuk lalu koreksi rasa.
  10. Tambahkan Santan Kara.
  11. Aduk Rata.
  12. Sesuaikan kekentalan sesuai selera, Setelah matang matikan api.
  13. Sajikan.

Masakan berkuah santan dan berbahan ikan asap ini memang favorit. Mangut ikan pe ini biasanya dicampur dengan tahu atau tempe supaya lebih kaya rasa. Mangut merupakan makanan berkuah santan dengan bumbu rempah-rempah yang menjadikan rasanya gurih pedas dan dengan aroma ikan asap yang khas. Apabila kamu sedang mengunjungi kota-kota di pesisir utara, kamu dapat mencoba makanan tradisional ini. Kualitas ikan pari asap yang bagus akan menentukan cita rasa mangutnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan mangut ikan asap khas semarang super pedas & kental yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!