Mangut Ikan Asap Semarangan. Saudara dari luar kota datang, minta dimasakkan mangut manyung. Biar cepat semua bumbu diiris saja deh. Berbicara tentang ikan asap, Kota Semarang memiliki sentra pengasapan ikan yang berada di Kelurahan Bandarharjo, Semarang Utara.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Udah lama ga masak mangut, kmren belanja suami lihat mangut lgsung minta dimasakin mangut. Kencur agak banyak biar tenggorokan hangat. Berbicara tentang ikan asap, Kota Semarang memiliki sentra pengasapan ikan yang berada di Kelurahan Bandarharjo, Semarang Utara.

Sedang mencari ide resep mangut ikan asap semarangan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan asap semarangan yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Saudara dari luar kota datang, minta dimasakkan mangut manyung. Biar cepat semua bumbu diiris saja deh. Berbicara tentang ikan asap, Kota Semarang memiliki sentra pengasapan ikan yang berada di Kelurahan Bandarharjo, Semarang Utara.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan asap semarangan, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan mangut ikan asap semarangan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut ikan asap semarangan yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Mangut Ikan Asap Semarangan memakai 23 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Mangut Ikan Asap Semarangan:

  1. Ambil 6 potong kecil ikan asap.
  2. Ambil 1/2 Terong hijau (ukuran besar).
  3. Sediakan 1 daun salam.
  4. Ambil 2 daun jeruk.
  5. Gunakan 1 ruas lengkuas.
  6. Ambil 1 sereh.
  7. Gunakan 1 ruas kencur (geprek).
  8. Ambil 1 tomat.
  9. Sediakan 3 sdm santan kental (sy kara).
  10. Gunakan 500 ml air (sesuai selera).
  11. Sediakan Secukupnya gula jawa.
  12. Ambil Secukupnya gula pasir.
  13. Sediakan Secukupnya garam.
  14. Siapkan Secukupnya penyedap (optional).
  15. Siapkan 2 cabe rawit utuh.
  16. Ambil Bumbu Halus ;.
  17. Siapkan 3 bawang putih.
  18. Siapkan 6 bawang merah.
  19. Ambil 2 cabe merah besar (sesuai selera).
  20. Siapkan 1 ruas kunyit.
  21. Siapkan 1 ruas kencur.
  22. Ambil 2 kemiri.
  23. Gunakan 1 ruas jahe.

Memasuki area ini, pengunjung akan disambut dengan aroma amis ikan segar dan aroma khas ikan asap. Asap mengepul dari cerobong setiap rumah produksi yang menandakan sedang berlangsung proses. Enjoy the videos and music you love, upload original content, and share it all with friends, family, and the world on YouTube. Mangut adalah ikan hasil laut yang diasapkan agar awet.

Langkah-langkah membuat Mangut Ikan Asap Semarangan:

  1. Potong terong sesuai selera..
  2. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, kencur sampai benar2 matang, jika terlalu kering tambahkan 3sdm air dn tumis lagi hingga bumbu tanak..
  3. Masukan air tunggu mendidih, masukkan ikan asap, gula jawa, garam, penyedap. Tunggu agak berkurang airnya..
  4. Masukkan terong, aduk rata tunggu terong melunak..
  5. Tambahkan santan, tomat. Aduk rata dan koreksi rasa..
  6. Masak sebentar biar air sedikit menyusut. Sajikan..

Olahan ikan asap yg praktis dan sedap rasanya. Santan bisa diganti dg fiber creme yaa. Ikan asap dicuci dulu sblm diolah utk mengurangi aroma asapnya dan t. Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya. Rasa kuah koto yang gurih dan pedas nampol memang sulit untuk ditolak.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Mangut Ikan Asap Semarangan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!