Mangut Kepala Ikan Manyung khas Semarang. Mangut Kepala Manyung Semarang an (Iwak Pe) Assalamu'alaikum Minggu pagi ini saya masak masakan khas kota Semarang, Mangut Kepala Manyung. Karena stok yg ada Iwak Pe, Kepala Manyung pun saya ganti. Di Semarang, ada satu kuliner mangut yang cukup legendaris, yaitu mangut kepala ikan manyung Warung Bu Fat di Jalan Ariloka, Kelurahan Krobokan, Semarang Barat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Kali ini saya bagikan resep mangut kepala manyung yang biasa saya buat. Jakarta – Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar.

Sedang mencari inspirasi resep mangut kepala ikan manyung khas semarang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut kepala ikan manyung khas semarang yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Mangut Kepala Manyung Semarang an (Iwak Pe) Assalamu'alaikum Minggu pagi ini saya masak masakan khas kota Semarang, Mangut Kepala Manyung. Karena stok yg ada Iwak Pe, Kepala Manyung pun saya ganti. Di Semarang, ada satu kuliner mangut yang cukup legendaris, yaitu mangut kepala ikan manyung Warung Bu Fat di Jalan Ariloka, Kelurahan Krobokan, Semarang Barat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut kepala ikan manyung khas semarang, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan mangut kepala ikan manyung khas semarang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan mangut kepala ikan manyung khas semarang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Mangut Kepala Ikan Manyung khas Semarang menggunakan 21 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Mangut Kepala Ikan Manyung khas Semarang:

  1. Siapkan 1 buah kepala ikan asap manyung, kukus 6-8 menit.
  2. Sediakan 6 potong irisan daging ikan asap manyung, kukus 6-8 menit.
  3. Siapkan 5 siung bawang putih.
  4. Gunakan 8 siung bawang merah.
  5. Gunakan 15 buah cabe rawit merah.
  6. Siapkan 15 buah cabe merah keriting.
  7. Sediakan 6 butir kemiri.
  8. Gunakan 1 ruas jahe, kupas kulit.
  9. Gunakan 1 ruas kunyit, kupas kulit.
  10. Sediakan 2 ruas kencur, kupas kulit.
  11. Gunakan 3 lembar daun salam.
  12. Siapkan 5 lembar daun jeruk.
  13. Ambil 3 buah irisan lengkuas tebal 5 mm.
  14. Ambil 3 batang sereh, geprak pangkal batangnya.
  15. Ambil 3 buah tomat cherry, belah 2.
  16. Gunakan 1 potong gula merah ukuran 2x2x2 cm.
  17. Siapkan 1 sdm gula pasir.
  18. Siapkan secukupnya garam.
  19. Sediakan 3 sdm minyak goreng.
  20. Ambil 500 ml santan dari 3/4 butir kelapa segar.
  21. Ambil 2 liter air.

Mangut merupakan gulai pedas khas Jawa. Kebanyakan bahan untuk membuat mangut adalah ikan pari asap, ataupun juga lele. Namun di Semarang ada mangut yang terbuat dari ikan manyung, memberikan sesasi rasa yang berbeda. Ada sebuah tempat makan legendaris di Semarang yang populer dan menyuguhkan menu mangut kepala manyung yang nikmatnya tak.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Kepala Ikan Manyung khas Semarang:

  1. Haluskan bumbu ; bawang, cabe, kemiri, jahe, kunyit, kencur dan garam. Sisihkan..
  2. Panaskan minyak goreng, masukkan bumbu halus, tambahkan sereh, daun jeruk dan daun salam. Tumis sampai harum..
  3. Masukkan ikan asap, aduk-aduk perlahan, jangan sampai hancur. Tambahkan air, masak sampai kepala ikan mengembang/mekar +/- 30 menit..
  4. Tambahkan santan, aduk-aduk. Masukkan tomat, garam, gula merah dan gula pasir. Periksa rasanya. Masak hingga kuah sedikit mengering, sesekali aduk, agar santan tidak pecah. Angkat..
  5. Sajikan dengan nasi hangat dan kerupuk udang..

Mereka tidak jarang memburu kuliner di kedai khusus ikan kepala manyung. Di Kota Semarang dan sekitarnya, banyak kedai yang menyediakan ikan manyung. Tidak hanya ikan manyung, aneka rupa masakan ikan asap bermasakan mangut juga tersedia. Di balik gurihnya ikan asap itu, ternyata butuh waktu cukup lama untuk membuat agar ikan nikmat dikonsumsi. SEMARANG – Kenikmatan kepala ikan manyung (mangut) masakan warung makan Selera Bu Fat Jalan Ariloka Raya Kelurahan Krobokan Semarang Barat tiada duanya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan mangut kepala ikan manyung khas semarang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!