Buroncong. Buroncong is a breakfast cake made of flour and grated coconut. It can be found at Losari Beach and at Jl Bacan market in Chinatown in the morning. Look for the mobile carts with a firewood stove.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Bentuknya seperti busur mirip kue pukis namun dengan ukuran lebih besar, panjangnya sekitar tujuh sentimeter dengan tebal. – Buroncong lebih nikmat dimasak dengan kayu bakar. – Panaskan cetakan buroncong, lalu olesi dengan sedikit minyak – Kemudian campurkan tepung, kelapa parut, air/santan, gula dan garam. – Aduk merata dan jadi adonan yang agak encer – Tuang kedalam cetakan kue, diamkan sebentar, lalu tutup cetakan. Jenis kue ini memiliki rasa yang gurih, bentuknya seperti busur atau setengah lingkaran, atau mirip dengan Kue Pukis. Bahan-bahan dari kue ini adalah tepung terigu, gula pasir, parutan kelapa muda, dan penambah aroma rasa.

Lagi mencari ide resep buroncong yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal buroncong yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari buroncong, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan buroncong yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Buroncong is a breakfast cake made of flour and grated coconut. It can be found at Losari Beach and at Jl Bacan market in Chinatown in the morning. Look for the mobile carts with a firewood stove.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah buroncong yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Buroncong memakai 9 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Buroncong:

  1. Ambil 2 sendok besar gula pasir,bisa ditambah sesuai selera.
  2. Gunakan 2 cup terigu.
  3. Siapkan 1/2 butir kelapa parut.
  4. Gunakan Secukupnya Pewarna kuning,kalau saya gak punya diganti kunyit.
  5. Ambil Air 250ml atau 2,5 gelas royalex.
  6. Siapkan Secumput garam.
  7. Sediakan Secukupnya BP.
  8. Sediakan Secukupnya margarin.
  9. Siapkan 1 butir telur.

Sensasi menikmati Buroncong itu ketika masih panas. Sesungguhnya penjual Buroncong ini berkeliling, dengan gerobaknya itu. Tetapi banyak juga penjual Buroncong yang memilih ngetem di tempat-tempat ramai didatangi orang. Jenis kue ini memiliki rasa yang gurih, bentuknya seperti busur atau setengah lingkaran, atau mirip dengan Kue Pukis.

Cara membuat Buroncong:

  1. Campur air,gula dan telur lalu kocok sampai gulanya larut.
  2. Tambahkan terigu,BP dan kunyit (pewarna kuning telurnya habis dan lupa beli) kedalam campuran air&gula,aduk rata.
  3. Cek kekentalannya lalu panaskan cetakan,jangan lupa oleskan margarin pada cetakan lalu tuang adonan ke cetakan hingga kuning kecoklatan,angkat.

Bahan-bahan dari kue ini adalah tepung terigu, gula pasir, parutan kelapa muda, dan penambah aroma rasa. Mungkin didaerah kalian juga ada kue kaya gini tapi namax aja yang mungkin beda hehehe makanan jadul tapi enak dan nagih. Buroncong ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Ukurannya pun hampir sama dengan kue Jawa yang bernama pukis, kue pancong atau gandos. Warna kue tradisional ini pun kecokelatan, namun agak berwarna hitam di area yang terjamah langsung dengan alat panggangnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat buroncong yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!