Banana Bread (Bolu Pisang).

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep banana bread (bolu pisang) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal banana bread (bolu pisang) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari banana bread (bolu pisang), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan banana bread (bolu pisang) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah banana bread (bolu pisang) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Banana Bread (Bolu Pisang) menggunakan 16 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Banana Bread (Bolu Pisang):

  1. Sediakan Adonan Kering.
  2. Siapkan 425 gr terigu protein sedang.
  3. Siapkan 2 sdt soda kue.
  4. Siapkan 1 sdt baking powder.
  5. Gunakan 1 sdt garam (tips: kalau pakai margarin/salted butter tdk usah).
  6. Siapkan Adonan Basah.
  7. Sediakan 5 buah pisang ukuran sedang (7 buah ukuran kecil).
  8. Sediakan 100 gr mentega cair.
  9. Siapkan 2 butir telur.
  10. Sediakan 100 ml susu cair.
  11. Sediakan 1 sdt bubuk kayu manis.
  12. Gunakan 1/2 std vanili bubuk (boleh diganti esen vanili/vanili cair).
  13. Ambil 150 gr gula pasir.
  14. Siapkan 2 sdm gula aren / gula merah dihaluskan.
  15. Sediakan Topping (Opsional).
  16. Ambil 100 gr kacang mete.

Cara menyiapkan Banana Bread (Bolu Pisang):

  1. Siapkan semua adonan (jumlah pisang jangan terpaku pada gambar ya, hehe).
  2. Hancurkan pisang tapi jangan terlalu halus, sebagian ukurannya masih agak kasar..
  3. Masukan telur, mentega cair, gula pasir, gula aren, susu cair, vanili, bubuk, kayu manis, dan kacang mete (opsional) yang sudah disangrai dan dicop. Aduk supaya rata tapi jangan terlalu berlebihan..
  4. Masukan tepung terigu, soda, dan baking powder yang sudah diayak. Aduk rata tapi tidak berlebihan supaya adonan tidak keras..
  5. Siapkan loyang persegi panjang. Lapisi dengan kertas minyak atau oles mentega + lapisan terigu supaya adonan tidak lengkep pada saat diangkat. Masukan adonan secara merata..
  6. Panggang adonan dalam api sedang selama kurang lebih 40-50 menit. Selama pemanggangan boleh dicek jika ada bagian yang panasnya tidak rata, posisinya boleh disesuaikan agar matangnya merata. Jika memakai oven listrik, set panas sekitar 180°C sekitar 30-40 menit..
  7. Angkat jika sudah dirasa kematangannya sesuai. Tips cara mengecek kematangan: tusuk menggunakan tusukan sate, jika tidak ada adonan yg menempel, maka Banana Bread siap diangkat..
  8. Tips: kacang mete sangat boleh dilewatkan. Tapi jika ingin menggunakan kacang mete di dalam adonan dan sebagai topping juga boleh. Untuk adonan, sangrai dan cop kasar kacang mete. Unt topping cukup ditata secara utuh dibagian atas adonan sebelum dipanggang, tidak usah disangrai agar tidak gosong. Berikut contoh (foto) yang tidak memakai mete tapi rasanya sama-sama enak..
  9. Tips 2: gunakan pisang ambon / pisang sunrise / apapun yang cocok digunakan bahan bolu. Pilih pisang yang benar-benar sudah matang atau hampir lembek tp tidak busuk..

Demikian cara memasak Banana Bread (Bolu Pisang), monggo disajikan didapur anda dengan melihat semua bumbu dan cara masak detail tersebut diatas. Jangan lupa dibookmark web ini jadi anda dapat dengan cepat kembali kesini jika ada yang terlupa atau berharap mendapatkan artikel resep menarik yang lainnya. Atau berikan email anda, supaya selalu memperoleh update resep termudah dari kami. Selamat memasak!. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Pancaran fajar di pagi hari adalah pancaran semangat. Semangat baru di hari yang baru. Sambutlah pagi dengan senyuman dan suasana hati yang baik.”