Cakalang Asap Kuah Santan. Di Teluk Bintuni ada yang jualan Ikan Cakalang Asap. Karena rindu makanan bergulai dan pengen tetep ada sayurnya jadilah begini. Sayur beli yang paketan untuk sayur sop.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Biasanya cakalang saya buat di sambel, kali ini mau buat kuah santan. Wangi asap nya berasa🤗 Mirip dengan gulai, bedanya santan dimasukkan terakhir dan jumlahnya tidak sebanyak santan gulai. Bila Cakalang diganti dengan pari, mantull👍🏻 Cakalang asap merupakan salah satu ikan yang biasa dimasak khas Manado.

Sedang mencari ide resep cakalang asap kuah santan yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cakalang asap kuah santan yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Di Teluk Bintuni ada yang jualan Ikan Cakalang Asap. Karena rindu makanan bergulai dan pengen tetep ada sayurnya jadilah begini. Sayur beli yang paketan untuk sayur sop.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cakalang asap kuah santan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan cakalang asap kuah santan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan cakalang asap kuah santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Cakalang Asap Kuah Santan menggunakan 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Cakalang Asap Kuah Santan:

  1. Siapkan Bahan Utama.
  2. Gunakan 3-4 Potong Ikan Cakalang Asap.
  3. Siapkan 5-6 Buah Tahu Goreng.
  4. Gunakan 1 Gelas Santan cair (me: santan asli).
  5. Sediakan Bumbu Halus.
  6. Gunakan 4 Siung B. Merah.
  7. Gunakan 3 Siung B. Putih.
  8. Gunakan 2 Buah Kemiri.
  9. Sediakan Bumbu Non Halus.
  10. Siapkan 2 Batang Sereh.
  11. Sediakan 8-10 Buah Cabe Rawit.
  12. Sediakan 1 Ruas Kecil Jahe.
  13. Siapkan 1 Ruas Kecil Lengkuas.
  14. Ambil 3 Lembar Daun Salam.
  15. Siapkan 3 Lembar Daun Jeruk.
  16. Ambil Penyedap (garam, lada, kaldu jamur atau penyedap lainnya).

Bisa dimasak rica, ditumis campur sambal, disuwir-suwir, maupun disantan, seperti resep cakalang kuah santan berikut. Biasanya cakalang saya buat di sambel, kali ini mau buat kuah santan. Wangi asap nya berasa🤗 Mirip dengan gulai, bedanya santan dimasukkan terakhir dan jumlahnya tidak sebanyak santan gulai. Resep ini merupakan kiriman dari saudara kita dengan akun Zhanas Syechboo.

Langkah-langkah menyiapkan Cakalang Asap Kuah Santan:

  1. SIAPKAN BAHAN. Cuci bersih ikan dan tahu lalu sisihkan..
  2. SIAPKAN BUMBU. Ulek B.Putih, B.Merah dan Kemiri. Memarkan Sereh, jahe dan lengkuas. Iris cabe..
  3. TUMIS BUMBU. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bumbu non halus. Aduk hingga wanginya keluar. Lalu tambahkan air 2-3 gelas belimbing..
  4. Setelah mendidih, masukkan ikan dan tahu. Balik sekali-sekali hingga bumbu meresap. Tambahkan garam, penyedap dan lada..
  5. Bila dirasa sudah meresap, tambahkan santan 2 centongan atau sesuai selera (tapi jangan kebanyakan). Aduk sebentar hingga mendidih lalu matikan api..
  6. Sajikan dengan nasi hangat👍🏻.

Inilah yang anda cari tentang Resep Ikan Cakalang Asap Masak Santan. Oleh karena itu tak mengherankan jika resep masakan cakalang asap. Biasanya yang digunakan sebagai bahan bakarnya artinya sabut kelapa. Ikan asap yang digunakan pada resep ini adalah ikan pari. Kalau suka banyak kuah, gunakan wajan yang berukuran lebar.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat cakalang asap kuah santan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!