Sate Kambing Bakar Balanga Khas Gorontalo. Resep Kambing Bakar Khas Gorontalo, Satu Kenikmatan yang Tak Berbanding. Cari tahu mengapa kambing bakar Gorontalo begitu khas dan cocok tersaji untuk keluarga di akhir pekan. Siapkan dirimu untuk mencoba resep berikut ini!

Gorontalo punya makanan khas, Kambing Bakar Balanga namanya. Kalau kamu punya waktu untuk bermain ke daerah Norman Kamaru ini, ada Masyarakat sekitar kadang menyebutnya dengan sate kambing bakar balanga. Meski dinamai sate, tapi sajian ini tak memakai panggangan sate ataupun.
Anda bisa memasak Sate Kambing Bakar Balanga Khas Gorontalo dengan menggunakan 24 bahan dan 6 langkah. Monggo silahkan dicermati segala informasi detail {dibawah|berikut|sebagai berikut| ini.

Bahan & Bumbu Untuk Sate Kambing Bakar Balanga Khas Gorontalo

  1. Siapkan 300 gr Daging Kambing/Sapi.
  2. Siapkan 1 btg Serai, geprek.
  3. 3 lbr Daun Jeruk.
  4. 4 lbr Daun Pandan, ikat simpul.
  5. 300 ml Air.
  6. 1/4 sdt Garam.
  7. Perlu 1 sdm Gula Pasir.
  8. Ambil 3 sdm Kecap Manis.
  9. Perlu 1/2 sdt Kaldu Jamur.
  10. Siapkan 2 bh Bunga Lawang.
  11. 3 sdm Minyak Goreng untuk menumis.
  12. Siapkan Tusuk Sate secukupnya.
  13. Ambil Bumbu Halus.
  14. Siapkan 50 gr Kacang Tanah Goreng (optional).
  15. Ambil 1 sdt Jinten Bubuk.
  16. 1 sdt Ketumbar Bubuk.
  17. 1/2 sdt Merica Bubuk.
  18. 1/4 sdt Kayu Manis Bubuk.
  19. Siapkan 15 bh Cabai Rawit, bisa disesuaikan selera.
  20. Siapkan 10 btr Bawang Merah.
  21. 3 siung Bawang Putih.
  22. Ambil 1 bh Cabai Merah Besar.
  23. Perlu 1 ruas Jahe.
  24. Perlu 3 bh Kemiri.

Selalu ada yang unik dan khas dari kuliner asli Indonesia. Seperti masakan dari Bilendango yang satu ini yakni sate belanga. Makanan berbahan dasar laut khas Gorontalo selain sate tuna adalah bilenthango. Bilenthango menggunakan bahan dasar laut berupa ikan mujair atau yang lebih akrab Dalam sehari, warung makan ibu Munifah bisa menyajikan puluhan hingga ratusan porsi sate kambing bakar balanga.

Langkah Membuat Sate Kambing Bakar Balanga Khas Gorontalo

  1. Siapkan bahan. Potong dadu daging kambing. Haluskan bumbu menggunakan ulek'an atau blender. Sisihkan..
  2. Siapkan wajan, beri minyak goreng. Masukkan bumbu halus, serai, daun jeruk, bunga lawang dan daun pandan. Tumis hingga harum..
  3. Tuang air lalu masukkan daging kambing. Aduk rata. Tambahkan garam, gula pasir, kecap manis dan kaldu jamur. Aduk hingga rata. Koreksi rasa dan masak hingga daging kambing matang. Angkat..
  4. Pisahkan daging kambing dari bumbunya, lalu tusuk menggunakan tusuk sate. Sisihkan. Untuk sisa bumbunya, masak kembali hingga air berkurang dan mengental. Angkat. Sisihkan..
  5. Siapkan alat panggang, bisa menggunakan arang atau teflon. Disini fungsinya dibakar hanya untuk memperkaya rasa saja, jadi pada saat bakarnya pun tidak perlu lama karena daging kambing sudah empuk dan matang. Beri olesan bumbu pada sate sebelum dibakar. Setelah itu tata dalam piring, siram dengan sisa bumbu..
  6. Sajikan..

Ada banyak cara pengolahan daging hewan qurban yang lezat dan menggoda, dari sate kambing empuk dan nikmat yang menggoda selera dan resep kambing bakar balanga. Yuk, sontek olahan daging kambing kurban khas nusantara berikut ini, biar daging kambing kurban kamu tak melulu diolah jadi sate maupun gulai. Salah satu olahan kambing yang wajib kamu coba adalah masakan khas Gorontalo, Sulawesi Utara, yakni kambing bakar Balanga. Nah, masyarakat Gorontalo biasanya menyantap daging kambing bakar balanga bersama nasi kebuli. Kamu sudah pernah cicipi yang mana aja?

Demikianlah artikel memasak Sate Kambing Bakar Balanga Khas Gorontalo, monggo dilakukan didapur anda dengan melihat semua bahan baku dan cara masak detail diatas. Jangan lupa dibookmark halaman ini agar anda mampu dengan mudah kembali kesini apabila ada yang terlupa atau ingin mendapatkan artikel resep menarik yang lainnya. Atau berikan email anda, agar selalu memperoleh update resep terenak dari kami. Selamat memasak! Resep diambil dari: https://cookpad.com