Tumis Ayam. Soun tumis ayam kecap jadi saya masak yang simpel dan cepat ajah ini gampang banget karena stok makanan seadanya dan lumayan buat menghemat Dapur Bunda Rahma. Tumis sayur ini terinspirasi dari Chinese food yang merupakan salah satu kuliner favorit saya. Masakan China terkenal simple, dengan bumbu yang ringan dan menggunakan bahan-bahan segar.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Masakan ini juga cocok untuk disajikan untuk seorang atau untuk satu keluarga. Selain itu, rasanya juga bisa disesuaikan dan dengan orang yang akan memakannya. Berikut resep untuk membuat tumis ayam sederhana beserta beberapa panduan umum dalam menumis.

Lagi mencari inspirasi resep tumis ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal tumis ayam yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Soun tumis ayam kecap jadi saya masak yang simpel dan cepat ajah ini gampang banget karena stok makanan seadanya dan lumayan buat menghemat Dapur Bunda Rahma. Tumis sayur ini terinspirasi dari Chinese food yang merupakan salah satu kuliner favorit saya. Masakan China terkenal simple, dengan bumbu yang ringan dan menggunakan bahan-bahan segar.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tumis ayam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan tumis ayam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah tumis ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Tumis Ayam menggunakan 13 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Tumis Ayam:

  1. Siapkan 1 dada ayam (fillet).
  2. Sediakan secukupnya cuciwis (optional).
  3. Sediakan 5 siung bawang putih.
  4. Gunakan 1 sdt garam.
  5. Siapkan 1/2 sdt merica bubuk.
  6. Ambil 3 sdm kecap manis.
  7. Gunakan 1 buah bawang bombay.
  8. Gunakan 1 sdt minyak wijen.
  9. Gunakan 1 sdm kecap inggris.
  10. Ambil 1 sdt gula pasir.
  11. Gunakan 1 sdt kaldu jamur (totole).
  12. Sediakan 1 batang daun bawang.
  13. Gunakan 500 ml air.

Tumis ayam sampai matang, atau goreng hingga kecokelatan lalu sisihkan. Panaskan minyak untuk menumis bawang putih, bawang bombai dan cabai sampai harum. Masukkan daging ayam lalu aduk rata. Tambahkan saus tiram, saus tomat, kecap manis dan minyak wijen.

Langkah-langkah menyiapkan Tumis Ayam:

  1. Cuciwis belah dua atau lepas daun daunnya dari bonggol…lalu cuci bersih…dan rendam dalam air yg sdh diberi garam selama 15 menit…bilas lalu tiriskan..
  2. Cuci bersih dada ayam, lalu potong potong kecil…geprek bawang putih lalu cincang halus, iris iris bawang bombaynya….panaskan sedikit minyak goreng, lalu tumis bawang putih dan 1/2 bagian bawang bombay sampai harum….kemudian masukkan potongan ayam dan aduk aduk sampai ayam berubah warnanya..
  3. Setelah berubah warna ayamnya lalu beri kecap manis, aduk rata..
  4. Lalu masukkan airnya..
  5. Beri garam, merica bubuk, minyak wijen, kecap inggris, gula pasir dan kaldu jamur….aduk rata…dan tutup wajan agar ayam cepat empuk..
  6. Jika ayam sdh matang dan airnya sdh menyusut….cek rasanya…lalu masukkan cuciwisnya, aduk rata…masak sebentar saja..
  7. Terakhir masukkan sisa bawang bombaynya dan irisan bawang daun…aduk rata…angkat…dan hidangkan segera…😊.
  8. Biasanya masak tumis ayam ini tanpa cuciwis…dan airnya lebih di sat kan..

Aduk lagi sampai merata lalu masukkan sedikit air. Proses memasak tumis ayam kemangi ini cenderung singkat dan mudah, cocok untuk kamu yang tak ingin berlama-lama di dapur. Tumis Pedas Tulang Ayam enak lainnya. Resep Masakan Tumis Ayam Pedas Enak – Menyajikan olahan ayam dengan cara di tumis, apalagi ditambah dengan bumbu pedas ini memang sangat memanjakan para penikmatnya. Karena daging ayam yang digunakan dalam menu masak kali ini adalah ayam sudah tidak ada tulangnya lagi.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Tumis Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!