Ikan Asap dan Tempe Kuah Santan. Kuah Santan Ikan Pari (Pe) dengan telor dan tahu 🥰😍. Ikan asap yang digunakan pada resep ini adalah ikan pari. Kalau suka banyak kuah, gunakan wajan yang berukuran lebar.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Watch Queue Dibawah ini adalah informasi Resep Ikan Pari Asap Kuah Santan. Cara Membuat Ikan Tongkol Asap Kuah Santan Pedas: Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tumis hingga matang dan harum kemudian masukkan cabe merah dan cabe hijau.

Lagi mencari inspirasi resep ikan asap dan tempe kuah santan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan asap dan tempe kuah santan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan asap dan tempe kuah santan, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ikan asap dan tempe kuah santan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Kuah Santan Ikan Pari (Pe) dengan telor dan tahu 🥰😍. Ikan asap yang digunakan pada resep ini adalah ikan pari. Kalau suka banyak kuah, gunakan wajan yang berukuran lebar.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ikan asap dan tempe kuah santan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ikan Asap dan Tempe Kuah Santan menggunakan 13 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ikan Asap dan Tempe Kuah Santan:

  1. Gunakan 10 potong ikan asap.
  2. Ambil 1/2 papan tempe.
  3. Gunakan 8 siung bawang merah.
  4. Sediakan 4 siung bawang putih.
  5. Siapkan 20 buah cabe rawit hijau.
  6. Ambil 1 ruas lengkuas.
  7. Ambil 1 buah sereh.
  8. Siapkan 2 lembar daun salam.
  9. Gunakan 5 lembar daun jeruk.
  10. Sediakan 1 bungkus santan kara.
  11. Siapkan 1/2 sdt garam.
  12. Sediakan 1 sdt kaldu jamur.
  13. Sediakan 250 ml air.

Masukkan tongkol asap, tahu dan tempe, aduk hingga rata kemudian tuang santan sedikit demi sedikit. Masak hingga bumbu meresap dan kuah agak menyusut. Masakan praktis ikan dengan menggunakan ikan air tawar yang diasap, nyammm 😀. Aroma asap pada ikan baung yang kami gunakan dalam masakan praktis berbahan ikan ini amat menyelerakan, apalagi dipadu dengan bumbu khas Indonesia dan manis gurihnya santan.

Cara menyiapkan Ikan Asap dan Tempe Kuah Santan:

  1. Cuci bersih ikan asap utk menghilangkan lendir & baunya. Goreng setengah matang dan sisihkan..
  2. Potong tempe menjadi kotak-kotak kecil. Iris halus bawang merah, bawang putih. Memarkan lengkuas, sobek daun jeruk & daun salam..
  3. Panaskan minyak, masukan bawang merah. Tumis hingga harum dan layu, lalu tambahkan bawang putih, cabe rawit, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan sereh. Aduk hingga harum..
  4. Masukan tempe & ikan asap, aduk rata. Lalu tambahkan air tunggu hingga mendidih..
  5. Setelah mendidih tambahkan santan, aduk agar tidak pecah. Kemudian tambahkan garam & kaldu jamur. Masak hingga air menyusut..
  6. Koreksi rasa dan siap di hidangkan…

Ngomong-ngomong, ikan baung ini sejenis dengan ikan lele. Masukkan ikan asap, masak hingga kuah asat dan bumbu meresap. Matikan api, lalu masukan daun kemangi. Rasanya yang sedap dan lezat tentunya akan menggugah selera makan anda. Berikut ini kami hadirkan resep ikan kuah sederhana seperti sup ikan nila, sup ikan kakap, sup ikan patin, ikan tongkol masak kuah dan ikan jambal masak kuah.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Ikan Asap dan Tempe Kuah Santan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!