Opor Ayam Kampung (plus tahu dan kentang).

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep opor ayam kampung (plus tahu dan kentang) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam kampung (plus tahu dan kentang) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam kampung (plus tahu dan kentang), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan opor ayam kampung (plus tahu dan kentang) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan opor ayam kampung (plus tahu dan kentang) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Opor Ayam Kampung (plus tahu dan kentang) menggunakan 15 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Opor Ayam Kampung (plus tahu dan kentang):

  1. Gunakan 1 ekor ayam kampung lengkap ati ampla. Potong 10 ayamnya ya.
  2. Gunakan Santan cair secukupnya (sy pakai 1/2 kelapa utuh santannya).
  3. Gunakan 7 siung bamer.
  4. Siapkan 3 siung baput.
  5. Siapkan 1 buah sereh.
  6. Sediakan 2 cm kunyit.
  7. Ambil 1 sdt jinten.
  8. Ambil 4 buah kemiri.
  9. Gunakan 5 cm lengkuas geprek.
  10. Gunakan 1 sdm ketumbar.
  11. Siapkan secukupnya Garam dan kaldu jamur.
  12. Ambil 3 lembar daun salam.
  13. Ambil 3 lembar daun jeruk.
  14. Siapkan 2 buah kentang, kupas potong sesuai selera.
  15. Ambil 1 buah tahu kain, cuci potong sesuai selera.

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam Kampung (plus tahu dan kentang):

  1. Siapkan bahan. Haluskan dgn blender or tumbuk bahan bumbu (bamer, baput, kemiri, kunyit, jinten, ketumbar)..
  2. Cuci bersih ayam, didihkan air dan cemplungkan ayam, masak 20-30 menit saja. Tiriskan ayamnya. Air kaldu sisa rebusan jgn dibuang (krn ayam kampung, nanti air kaldu dibuat tambahan air di opor)..
  3. Tumis bumbu halus sampai wangi baru masukan sereh, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Beri air kaldu sedikit2 dan masukan santan perlahan aduk2. Apabila kental, tambahin air kaldunya..
  4. Lalu masukan ayam kampung yg td sudah direbus. Masak kurleb 15 menit baru masukan kentang dan tahu putih. Hati2 membalik tahu ya jgn sampai hancur. Beri garam, gula dan kaldu jamur. Tes rasa. Masak sampai kentang empuk..
  5. Setelah dirasa empuk, sajikan dgn bawang goreng..
  6. Paling mantap kalau disajikan dgn sambal terasi, emping dan bakwan udang. Yummie kebangetan. Selamat mencoba ya..

Demikianlah resep mudah membuat Opor Ayam Kampung (plus tahu dan kentang), mari dipraktekkan dirumah anda dengan memperhatikan semua bahan dan step step detail diatas. Ingat dibookmark web ini sehingga anda mampu dengan cepat kembali kesini jika ada yang terlupa atau ingin mencari artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, agar selalu memperoleh update resep terkini dari kami. Happy Cooking. Sumber Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Lupakan apa yang tidak dapat kamu capai kemarin dan pikirkan hal-hal indah yang kamu miliki hari ini.”