Cuko Pempek. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
There are many varieties of Pempek. Lihat juga resep Cuko Pempek enak lainnya. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia.

Lagi mencari ide resep cuko pempek yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cuko pempek yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cuko pempek, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan cuko pempek enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah cuko pempek yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cuko Pempek memakai 7 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Cuko Pempek:

  1. Gunakan 1/4 Gula batok.
  2. Sediakan 35 buah cabe rawit (bisa lbh klo mau lbh pedas).
  3. Sediakan 4 siung bawang putih.
  4. Ambil 1 ruas asam jawa.
  5. Gunakan 1/2 sdm garam.
  6. Gunakan 2 sdm gula pasir.
  7. Siapkan 2 gelas air.

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Cuko pempek cocok juga digunakan untuk cocolan gorengan kayak bakwan atau pisang goreng lho,gak percaya coba aja sendiri :D. Cuko Pempek Seperti pepatah orang Palembang mengatakan "Makan Pempek Kalu Idak Ngirup Cuko, Teraso Idak Makan Pempek" (Makan pempek kalau tidak menghirup cuka (kuah), maka sama saja dengan tidak makan pempek). Adapun syarat dari cuko pempek yang enak dan sedap ini adalah cuko tersebut haruslah pedas, gurih dan kental.

Cara membuat Cuko Pempek:

  1. Selagi memasak air(dgn api kecil) sisir gula batok,agar lbh mudah larut saat di masak. Lalu masukkan ke panci bersama asam jawa.
  2. Haluskan cabe rawit dan bawang putih.
  3. Masukan cabe/bawang yg sudah di haluskan di lanjutkan sisa bahan lainnya adukĀ² n cek rasa…
  4. Jika sudah matang matikan api angkat dan saring cuko. Cuko bisa di sandingkan dengan pempek,ubi goreng,bakwan,martabak,keroket, cocolan kerupuk dll.
  5. Nb: cuko bisa di masukkan dalam kulkas, agar lebih kental n lbh awet..

Resep Pempek Palembang dari Ikan dan Cara Membuat Kuah Cuka Pempek. Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing. Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap. Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra, Indonesia. It is made of fish and sago flours and served together with a dark, rich sauce called cuko.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cuko pempek yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!