Sambel Panggang Matang (ikan asap). Lihat juga resep Sambal Panggang / Ikan Asap enak lainnya. Lihat juga resep Reecook ikan Asap sambal bawang @yayakwinarsih #Reecook enak lainnya. Lihat juga resep Penyetan sambal kemangi ikan asap salmon enak lainnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Tak heran kenapa ikan yang dipilih, karena ikan laut sudah menjadi salah satu makanan pokok yang disukai oleh kebanyakan masyarakat di wilayah pesisir. Ada dua jenis ikan yang dijajakan, yaitu ikan panggang asap yang sudah tidak ada duri dan ikan asap yang masih ada duri. Jika mau di goreng lagi atau dipanggang lagi agar hangat juga bisa.

Sedang mencari inspirasi resep sambel panggang matang (ikan asap) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambel panggang matang (ikan asap) yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Sambal Panggang / Ikan Asap enak lainnya. Lihat juga resep Reecook ikan Asap sambal bawang @yayakwinarsih #Reecook enak lainnya. Lihat juga resep Penyetan sambal kemangi ikan asap salmon enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambel panggang matang (ikan asap), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sambel panggang matang (ikan asap) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sambel panggang matang (ikan asap) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambel Panggang Matang (ikan asap) memakai 14 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sambel Panggang Matang (ikan asap):

  1. Gunakan 3 bh ikan panggang/asap bagian daging.
  2. Ambil 5 bh bawang merah.
  3. Ambil 1 bh bawang putih.
  4. Sediakan 7 bh cabai merah.
  5. Gunakan 3 bh cabai rawit.
  6. Sediakan 1 sdt trasi.
  7. Gunakan 2 bh tomat matang.
  8. Siapkan 1/2 ruas jahe.
  9. Ambil 1/2 jeruk nipis.
  10. Ambil 1 sdt garam.
  11. Gunakan 1/2 sdm gula pasir.
  12. Gunakan 1 bh gula jawa.
  13. Ambil Sejumput totole.
  14. Gunakan secukupnya Minyak.

Nah sambalnya bisa coba sambal kelapa yang terdiri dari parutan kelapa, cabe, garam, kunir, gula. Ikan Sili Asap Bumbu Sambel Oleh Riska Dwi A: Bismillah,,setoran untuk #Semarak_akusigemarikan bareng clover tersayang😍. Ikan sili,,konon katanya cuma ada di kota kecil Lamongan,,ini jenis ikan yg hidup di sungai dan tidak di budidayakan karena sulit,,bentuknya kecil memanjang dg ujung yg lancip,,bagian kepala dan ekor sama lancipnya😁,,dan karena jarang ada harganya pun selangit😩,,di. Sambal peda atau yang terbuat dari ikan asin memang memiliki rasa khas yang nikmat.

Cara membuat Sambel Panggang Matang (ikan asap):

  1. Panaskan minyak, goreng ikan panggang/asap sampai dirasa matang.
  2. Siapkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, trasi, tomat dan jahe goreng sampai layu..
  3. Ulek sampai halus bumbu yg sudah digoreng. Tambahkan gula merah, gula pasir, garam dan totole.
  4. Masukkan ikan asap/panggang yg sudah digoreng. Lalu penyetkan sampai tercampur rata..
  5. Sajikan dengan kucuran jeruk nipis atau tanpa jeruk nipis sesuai selera..

Ikan kembung yang diawetkan dengan diasinkan ini selain cocok untuk dipepes, ternyata juga cocok disajikan dalam bentuk yang lain, seperti misalnya dibuat dalam bentuk sambal dengan cabai yang hijau. Siapkan teflon,, panaskan dengan api sedang,panggang ikan di atas teflon lumuri ikan dengan bumbu bakar.tunggu sampai bumbu meresap. Sajikan dengan Sambal matah, timun & kacang panjang iris. Asli makan pake sambel ini bikin khilaf ngabisin nasi bahan – bahan yang perlu disiapkan : potong ikan asap (ikan mangut panggang) yang sudah digoreng garam (secukupnya) terasi segar (secukupnya) bawang putih ca. Untuk sambal matah, campurkan bawang merah dan cabai rawit bumbui dengan garam, gula, dan penyedap kemudian siram dengan terasi yang sudah digoreng dengan minyak, aduk rata.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambel panggang matang (ikan asap) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!