Sayur goreng asem daging. Itulah resep sayur asem/asam goreng Betawi serta cara membuat. Sayur asem ini akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat dengan ditemani nasi hangat dan bahan pelengkap lainnya. Semoga dengan adanya resep ini selera makan anda dan keluarga.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Goreng asem daging ini terinspirasi dari resep goreng asem sayur a la tante saya yang tinggal di Depok, resep versi sayurannya bisa anda cek pada link disini. Lihat juga resep Goreng Asem Daging Sapi enak lainnya. Sayur asem goreng (sayur asem betawi daging sapi).

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur goreng asem daging yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur goreng asem daging yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur goreng asem daging, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sayur goreng asem daging yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Itulah resep sayur asem/asam goreng Betawi serta cara membuat. Sayur asem ini akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat dengan ditemani nasi hangat dan bahan pelengkap lainnya. Semoga dengan adanya resep ini selera makan anda dan keluarga.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sayur goreng asem daging sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Sayur goreng asem daging memakai 20 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sayur goreng asem daging:

  1. Sediakan Ayam/daging/kikil yg sudah dipotong dadu kecil2.
  2. Sediakan Labu siam iris memanjang.
  3. Gunakan Kacang. Panjang iris2 ±2cm.
  4. Sediakan Kacang. Tanah.
  5. Siapkan Nangka muda iris tipis2.
  6. Ambil Jagung manis potong2.
  7. Gunakan Melinjo,pisahkan dr batangnya.
  8. Ambil Daun sho (daun melinjo) ambil daunnya sj.
  9. Siapkan 2 Cabai hijau besar belah.
  10. Gunakan Lengkuas geprek.
  11. Gunakan Daun salam.
  12. Ambil Daun sereh geprek lalu simpulkan.
  13. Siapkan Buah Tamarind (asam buah).
  14. Siapkan secukupnya Garam.
  15. Sediakan 1 potong terasi abc, bakar dan haluskan.
  16. Ambil Bawang merah.
  17. Ambil Bumbu halus.
  18. Siapkan Bawang putih.
  19. Gunakan Cabai merah.
  20. Siapkan Kunyit.

Sayur asem aja udah seger kan ? Nah sayur asem goreng ini makin sedeeeeppp krn pakai tulangan/daging sapi. kebayang gaktuh enaknya ehehe dibilang asem-asem daging ya bukan, dibilang sayur asem kok ada dagingnya. Cara Memasak Sayur Asem Daging: Panaskan minyak dalam wajan secukupnya, kemudian tumis bawang putih hingga harum. Potong daging sapi berbentuk dadu, remas-remas daging tersebut dengan daun pepaya agar empuk.

Cara membuat Sayur goreng asem daging:

  1. Potong sayuran, cuci bersih.
  2. Rebus nangka sebentar dgn garam, lalu angkat cuci dan tiriskan (untuk menghilangkan getah2 nangka yg ada).
  3. Cuci dan potong daging sapi/daging ayam/ kikil berbentuk dadu tipis2. Lalu rebus sebentar dan buang air rebusan pertamanya. (Gunanya mmbuang kotoran2 yg terjebak dlm lemak daging). Rebus kembali dgn air bersih sampai ½empuk..
  4. Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan sereh,salam,lengkuas geprek tumis lg..
  5. Tambahkan kembali air k dlm rebusan daging, masukkan jagung, asam, paya muda iris, kacang. Tanah, dan melinjo..
  6. Masukkan tumisan bumbu ke dalam panci berisi daging &jagung.
  7. Tambahkan garam, terasi, kaldu bubuk,. Koreksi rasa….
  8. Masukkan kacang. Panjang dan daun sho. Jika dgn panci yg panasnya tahan, apinya harus sdh dimatikan, karena biarpun sdh d matikan apinya, proses masak tetap brlanjut..

Kemudian rebus agar terpisah dari kotoran dan lemaknya, tiriskan. Ada berbagai variasi sayur asam di antaranya adalah Sayur Asem Jakarta. Ciri khas yang membedakan dari sayur asam yang lain adalah Sayur ini sangat cocok disantap bersama Ayam Goreng, Ikan Bakar plus lalapan mentah dan Sambal Terasi Goreng. Goreng Asam / Goreng asem supaya tidak salah, berbeda dengan "Garang asem". Sayur ASEM kuning daging khas betawi tanah abang = sayur goreng ASEM.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sayur goreng asem daging yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!