Balado udang ati ampela kentang. Lihat juga resep Balado ampela ati ayam+kentang enak lainnya. Ati ampela, kentang (ukuran sedang), cabe merah, Bawang merah, Bawang putih, kemiri, tomat Widya Lestari. Udang balado memang menjadi salah satu menu favorit bagi keluarga yang menyukai untuk disajikan bersama nasi panas.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Sambal goreng kentang ati ampela balado ini termasuk menu yang popular di Indonesia. Sajian ini bisa kita temui di beberapa acara pesta maupun prasmanan. Dalam menu catering biasanya sambal goreng ini jadi satu diantara pilihan yang pasti ada pada daftar pilihan menunya.

Anda sedang mencari ide resep balado udang ati ampela kentang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal balado udang ati ampela kentang yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Balado ampela ati ayam+kentang enak lainnya. Ati ampela, kentang (ukuran sedang), cabe merah, Bawang merah, Bawang putih, kemiri, tomat Widya Lestari. Udang balado memang menjadi salah satu menu favorit bagi keluarga yang menyukai untuk disajikan bersama nasi panas.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari balado udang ati ampela kentang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan balado udang ati ampela kentang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat balado udang ati ampela kentang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Balado udang ati ampela kentang menggunakan 16 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Balado udang ati ampela kentang:

  1. Ambil 250 gram udang kupas bersih.
  2. Sediakan 200 gram ati ayam.
  3. Ambil 200 gram ampela ayam.
  4. Siapkan 500 gram kentang potong dadu agak besar kemudian goreng.
  5. Sediakan 3 cm ruas lengkuas.
  6. Gunakan 4 lembar daun salam.
  7. Siapkan 6 lembar daun jeruk.
  8. Siapkan 10 buah pete belah dua (sesuai selera).
  9. Ambil 1 sdm kecap manis.
  10. Sediakan 1 sdm garam.
  11. Siapkan 1 sdm saos tiram.
  12. Sediakan bumbu halus.
  13. Ambil 150 gram cabe merah keriting.
  14. Sediakan 15 buah cabe rawit.
  15. Gunakan 12 siung bawang putih.
  16. Sediakan 15 siung bawang merah.

Sambal goreng kentang ati ampela balado ini begitu menggugah selera serta pas disantap dengan nasi sebagai pendamping lauk. Rebus ati ampela ayam dengan air secukupnya hingga matang dan lembut, Angkat kemudian potong seukuran dadu dan tiriskan; Sediakan wajan penggorengan berisikan minyak untuk menumis bumbu sambal goreng kentang yang sudah halus, daun salam, serai lengkuas dan petai. Untuk menghilangkan bau amis, lumuri hati ampela dengan cuka. Gunakan GM Bear Grinder Mixer Serba Guna (Lihat di Lazada DISKON) untuk menghaluskan bumbu agar lebih mudah dan praktis.

Langkah-langkah membuat Balado udang ati ampela kentang:

  1. Cuci dan rebus ati ampela tiriskan kemudian goreng sebentar hingga kecoklatan sisihkan (jangan digoreng terlalu lama ya keras nanti).
  2. Masukkan sedikit minyak goreng tumis bumbu halus sampai wangi tambahkan 1sdm garam,1 sdm saos tiram,1 sdm kecap manis tumis sampai wangi tambahkan daun salam,daun jeruk dan lengkuas serta pete kemudian masukkan udangnya tumis sampai udangnya berubah warna menjadi merah kemudian masukkan ati ampela terakhir diatasnya masukkan kentang potong dadu yang telah digoreng (tidak perlu ditambahkan air ya karena waktu blender bumbu halusnya sudah ditambahkan sedikit air)..
  3. Balado siap dihidangkan.

Dilengkapi dengan pisau yang tajam, alat ini juga memakai sistem manual sehingga menghemat listrik. Selanjutnya baru anda masukan juga kentang, ati ampela serta pete ke dalam wajan masakan anda, lalu aduk rata. Lalu masukan beberapa bahan berupa seperti garam, gula merah dan gula pasir, kemudian aduk dan masak sampai mengental. Setelah matang anda bisa mengangkat sajian tersebut kemudian meletakannya ke atas piring saji. Masukkan ati ampela dan kentang yang sudah digoreng hingga matang. e.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat balado udang ati ampela kentang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!