Bolu Marmer/Marmer Cake (Sponge Cake Marmer).

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep bolu marmer/marmer cake (sponge cake marmer) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu marmer/marmer cake (sponge cake marmer) yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu marmer/marmer cake (sponge cake marmer), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan bolu marmer/marmer cake (sponge cake marmer) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah bolu marmer/marmer cake (sponge cake marmer) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Bolu Marmer/Marmer Cake (Sponge Cake Marmer) memakai 12 bahan dan 15 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Bolu Marmer/Marmer Cake (Sponge Cake Marmer):

  1. Gunakan 150 gr terigu segitiga.
  2. Siapkan 1 sdm susu bubuk.
  3. Siapkan 1 sdm maizena.
  4. Siapkan 1/4 sdm baking powder.
  5. Ambil 1 sdt vanili.
  6. Siapkan 5 butir telur ayam segar.
  7. Sediakan 150 gr gula pasir.
  8. Siapkan 1 sdt SP aktif.
  9. Sediakan 1/2 sdt coklat bubuk atau pasta coklat.
  10. Gunakan 2 sdm air matang.
  11. Siapkan 100 gram margarin lelehkan.
  12. Ambil 50 gr minyak goreng.

Cara membuat Bolu Marmer/Marmer Cake (Sponge Cake Marmer):

  1. Larutkan coklat bubuk dengan 2 sdm air sampai mengental, jangan encer2, sisihkan.
  2. Olesi loyang tulban 22 cm dengan margarin/minyak, taburi tepung terigu, sisihkan.
  3. Campur margarine leleh dengan minyak goreng, sisihkan, diamkan sampai suhu ruang.
  4. Masukkan dalam wadah telur, gula, mixer dengan speed rendah selama 5 menit. Tambahkan SP, mixer secara bertahap mulai speed rendah sampai tinggi -+ 10 menit sampai medium peak (adonan kental berjejak dan adonan yang gantung di mixer bisa di ayun2).
  5. Ayak terigu, baking powder, vanili, susu, maizena, lalu aduk rata.
  6. Masukkan bahan2 yang diayak ke dalam adonan yang sudah di mixer secara 3 tahap. Mixer dengan speed rendah asal tercampur rata saja.
  7. Ambil 1 sendok makan adonan, campur dengan sedikit saja coklat sisihkan tadi (ambil sedikit saja), aduk rata, sisihkan (ini untuk permukaan bolu).
  8. Masukkan campuran margarin minyak ke dalam adonan yang sudah dimixer secara 3 tahap, aduk dengan spatula dengan teknik melipat sampai benar2 rata (harus rata agar tidak bantat).
  9. Ambil 1/3 adonan yang sudah dicampur margarin minyak, tuang di mangkuk, campur dengan coklat yang sisihkan tadi, aduk rata dengan teknik melipat sampai rata.
  10. Tuang sebagian adonan putih dalam loyang, lalu tuang adonan coklat diatas adonan putih, lalu timpa lagi dengan adonan putih diatasnya sehingga adonan coklat tertutup dengan adonan putih.
  11. Pada permukaan atas adonan putih, tuang 1 sdm adonan coklat yang sisihkan tadi dengan sendok, bentuk motif sesuai selera (membentuknya dengan tusuk sate) sehingga permukaan atasnya tampak cantik.
  12. Panaskan oven tangkring dengan api sedang 10 menit (api sedang saja ya jangan besar), setelah oven cukup panas, hentak2 loyang beberapa kali lalu masukkan dalam oven rak tengah, panggang 30-40 menit.
  13. Setelah 20 menit memanggang, masukkan loyang berisi air panas dalam oven taruh di rak bawah.
  14. 5 menit sebelum dikeluarkan, pindahkan loyang ke rak atas agar permukaan atas cake matang.
  15. Kalau sudah matang, matikan oven, keluarkan loyang, dinginkan, lalu sajikan. Inilah hasilnya…..

Demikian artikel membikin Bolu Marmer/Marmer Cake (Sponge Cake Marmer), silahkan disajikan dirumah anda dengan memperhatikan semua bahan baku dan langkah langkah detail itu. Jangan lupa dibookmark website ini jadi anda dapat dengan cepat kembali kesini jika ada yang terlupa atau ingin mencari artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terbaru dari kami. Happy Cooking. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Kamu memiliki dua pilihan setiap harinya. Melanjutkan tidur dan bermimpi, atau bangun untuk mengejarnya.”