Soto Tangkar iga sapi. Yuk, coba buat Soto Tangkar Iga yang pastinya terasa endeus ini! Kata tangkar ini berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi. Konon pada zaman penjajahan Belanda masyarakat biasa memotong sapi ketika berpesta.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Tangkar means beef ribs in Betawi language, and hence soto tangkar always uses beef ribs as its main ingredient. Back in the old colonial days, whenever a party was held by the Dutch, a whole cow would be cut and some of the lesser choice cuts would be distributed to the locals, and the ribs were such cuts. Ikuti resep soto tangkar iga sapi khas Betawi dengan kuah yang gurih bercampur pedas ini untuk hidangan nikmat dan spesial.

Sedang mencari inspirasi resep soto tangkar iga sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto tangkar iga sapi yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Yuk, coba buat Soto Tangkar Iga yang pastinya terasa endeus ini! Kata tangkar ini berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi. Konon pada zaman penjajahan Belanda masyarakat biasa memotong sapi ketika berpesta.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto tangkar iga sapi, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan soto tangkar iga sapi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah soto tangkar iga sapi yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Soto Tangkar iga sapi menggunakan 23 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Soto Tangkar iga sapi:

  1. Sediakan 1/2 kg iga sapi.
  2. Gunakan 1/4 kikil.
  3. Siapkan Bumbu halus :.
  4. Siapkan 5 buah kemiri sangrai.
  5. Siapkan 1 sdt kemiri.
  6. Sediakan 2 ruas kunyit.
  7. Gunakan 15 siung bawang merah.
  8. Siapkan 5 siung bawang putih.
  9. Siapkan 5 buah cabai merah / rawit.
  10. Gunakan Pelengkap :.
  11. Sediakan 3 lembar daun salam.
  12. Gunakan 2 lembar daun jeruk.
  13. Siapkan 1 btg serai.
  14. Sediakan 1 ruas jahe.
  15. Ambil 1 ruas lengkuas.
  16. Siapkan 1 keping gula merah.
  17. Gunakan 1 sdt lada bubuk.
  18. Ambil Secukupnya gula pasir.
  19. Sediakan Secukupnya garam.
  20. Siapkan Secukupnya penyedap.
  21. Gunakan 2 sdm kecap manis (optional).
  22. Siapkan 200 ml santan cair.
  23. Siapkan 500 ml creamer.

Masakan Khas Betawi, Bogor, Jakarta, Karawang. Soto tangkar merupakan salah satu hidangan khas Betawi. Kata 'tangkar' berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi. Kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Langkah-langkah membuat Soto Tangkar iga sapi:

  1. Cuci bersih semua bahan. Lalu rebus iga sapi saya masukan daun salam + serai + daun jeruk + lengkuas + jahe.. rebus sampai empuk saya menggunakan metode 5.30.7.
  2. Blender semua bumbu halus. Yg mau di ulek silahkan.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum.
  4. Setelah bumbu halus mateng. Cemplungkan kedalam rebusan iga nya dan masukan juga kikil.
  5. Masukan garam + penyedap +gula pasir + gula merah + kecap. Tes rasa ya mom… masukan santan + creamer. Masak -+30-45 menit.
  6. Siap dihidanhkan dengan pelengkap lainnya mom.

Pada masa itu, para penjajah biasanya memotong sapi ketika mereka berpesta. Akan tetapi, mereka tidak menggunakan semua bagian sapi. Salah satu bagian yang disisakan adalah iga sapi. Biasanya hanya soto ayam, soto betawi dan sejenisnya. Jadi ini pertama kali coba bikin ini entah kenapa.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan soto tangkar iga sapi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!