Soto Tangkar. Soto tangkar is another soto from Betawi. Tangkar means beef ribs in Betawi language, and hence soto tangkar always uses beef ribs as its main ingredient. Back in the old colonial days, whenever a party was held by the Dutch, a whole cow would be cut and some of the lesser choice cuts would be distributed to the locals, and the ribs were such cuts.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Soto tangkar merupakan salah satu hidangan khas Betawi. Kata 'tangkar' berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi. Kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Sedang mencari inspirasi resep soto tangkar yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto tangkar yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto tangkar, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan soto tangkar enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Soto tangkar is another soto from Betawi. Tangkar means beef ribs in Betawi language, and hence soto tangkar always uses beef ribs as its main ingredient. Back in the old colonial days, whenever a party was held by the Dutch, a whole cow would be cut and some of the lesser choice cuts would be distributed to the locals, and the ribs were such cuts.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto tangkar yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Soto Tangkar memakai 19 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Soto Tangkar:

  1. Ambil 1/2 kg daging sapi, potong.
  2. Ambil 100 gr kikil rebus (optional).
  3. Gunakan 3 bh sereh, geprek.
  4. Ambil 3 lbr daun salam.
  5. Gunakan 5 lbr daun jeruk.
  6. Sediakan 5 cm kayu manis.
  7. Sediakan 200 ml santan (me: santan instant).
  8. Gunakan 1/2 sdm kunyit bubuk.
  9. Ambil 1/2 sdm ketumbar bubuk.
  10. Gunakan secukupnya Air,minyak, gula, garam, merica.
  11. Gunakan Bumbu halus.
  12. Sediakan 12 bh bawang merah.
  13. Gunakan 7 bh bawang putih.
  14. Ambil 4 bh cabe merah keriting (me: skip).
  15. Ambil 2 cm jahe.
  16. Siapkan 2 cm lengkuas.
  17. Sediakan 5 bh kemiri.
  18. Sediakan Pelengkap.
  19. Gunakan Kecap manis, jeruk limo, tomat, daun bawang, bawang goreng, emping.

Pada masa itu, para penjajah biasanya memotong sapi ketika mereka berpesta. Akan tetapi, mereka tidak menggunakan semua bagian sapi. Salah satu bagian yang disisakan adalah iga sapi. Baca juga: Serba-serbi Kuliner khas Betawi.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Tangkar:

  1. Blender bumbu halus. Cuci bersih daun2, tiriskan. Sangrai bumbu halus supaya agak kering..
  2. Masukkan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun2an, ketumbar bubuk dan kunyit bubuk. Masak hingga harum. Tambahkan air ± 1.5 liter. Masukkan garam, gula, merica, aduk2 dan koreksi rasa..
  3. Masukkan kikil dan daging sapi, aduk2. Tutup wajan, masak ± 30-45 menit atau sampai kikil dan daging sapi lunak. Setelah lunak, boleh tambahkan air sedikit jika dirasa kurang..
  4. Tambahkan santan, aduk2 sampai mendidih. Aduk perlahan agar santan tidak pecah. Angkat dan sajikan dgn bahan pelengkap..

Soto tangkar adalah soto berkuah gurih dengan isian berupa tangkar atau tulang iga. Dilansir dari buku Kuliner Betawi: Selaksa Rasa dan Cerita karya Akademi Kuliner Indonesia terbitan Gramedia Pustaka Utama, dalam bahasa Betawi, tangkar artinya tulang iga. Soto tangkar ini merupakan salah satu masakan khas Betawi yang rasanya tidak perlu diragukan lagi nikmat dan mantappppp. Karena kami dari Tim Info kuliner sudah merasakan nikmatnya soto tangkar ini. Soto tangkar merupakan kuliner Betawi yang masih lestari hingga masa kini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Soto Tangkar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!