Sayur daun singkong masak santan. Cara Memasak Sayur Daun Singkong Santan: Masak air sampai mendidih tambahkan garam, masukan daun singkong dan rebus daun singkong sampai matang, angkat kemudian tiriskan dan potong-potong, sisihkan. Panaskan minyak goreng, tumis semua bumbu halus, masukan lengkuas, daun salam, cabe rawit, tahu, serai, sampai harum. Lihat juga resep Sayur daun Singkong Terasi Santan enak lainnya!

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Ini resep sederhana sayur daun singkong yang sering saya masak di dapur kecil saya bunda. Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas.

Lagi mencari inspirasi resep sayur daun singkong masak santan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur daun singkong masak santan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Cara Memasak Sayur Daun Singkong Santan: Masak air sampai mendidih tambahkan garam, masukan daun singkong dan rebus daun singkong sampai matang, angkat kemudian tiriskan dan potong-potong, sisihkan. Panaskan minyak goreng, tumis semua bumbu halus, masukan lengkuas, daun salam, cabe rawit, tahu, serai, sampai harum. Lihat juga resep Sayur daun Singkong Terasi Santan enak lainnya!

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur daun singkong masak santan, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sayur daun singkong masak santan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur daun singkong masak santan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur daun singkong masak santan menggunakan 15 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sayur daun singkong masak santan:

  1. Gunakan 2 ikat daun singkong.
  2. Sediakan 7 butir bawang merah.
  3. Gunakan 2 siung bawang putih.
  4. Siapkan Bumbu halus.
  5. Sediakan 2 butir kemiri.
  6. Gunakan 1 ruas kunyit.
  7. Sediakan 1 sdt ketumbar bubuk.
  8. Siapkan secukupnya Garam.
  9. Ambil Gula merah.
  10. Gunakan 15 butir cabai keriting merah.
  11. Sediakan Bahan lain.
  12. Sediakan Santan secukupnya saja.
  13. Siapkan 1 genggam ikat teri ukuran sedang (teri tidak asin punya).
  14. Siapkan 1 ruas lengkuas.
  15. Ambil 2 lembar daun salam.

Sajian ini mencoba memberikan sajian berupa daun singkong yang diolah menjadi sebuah sajian sayur setelah sebelumnya diolah dengan ditumbuk kemudian dimasukan ke dalam sebuah kuah yang berisi santan kelapa yang dikenal mampu membangkitkan rasa nikmat makanan agar lebih mantap gurih dan juga nikmat. Masak dengan api sedang saja sampai mendidih. Siapkan panci dan air kemudian anda ambil daun singkong yang sudah dibersihkan. Rebus daun singkong tersebut ke dalam panci, pastikan sampai daun tersebut layu, kemudian anda angkat dan tiriskan.

Cara membuat Sayur daun singkong masak santan:

  1. Siangi daun singkong, cuci bersih lalu rebus dengan air campuran sedikit kapur sirih dan garam(kapur sirih boleh diskip tapi disarankan pakai karena akan membuat daun singkong lebih lembut dan tidak berubah warna menjadi hitam saat direbus), setelah lembut angkat dan sisihkan.
  2. Iris bawang merah dan bawang putih, lalu Haluskan bahan bumbu halus menggunakan blender, sisihkan.
  3. Panaskan panci atau kuali, masukan minyak goreng kurang lebih 3 sendok makan, masukan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga berubah warna agak kecoklatan, masukan bumbu halus, lengkuas yg sudah di geprek dan juga daun salam serta ikan teri, aduk rata, masak kembali hingga bumbu tercium harum atau matang.
  4. Masukan daun singkong yg sudah di rebus dan telah diperas serta di potong llu aduk rata, beri air sampai daun singkong terendam, rebus hingga mendidih, terakhir masukn santan kelapa dan koreksi rasa, jika dirasa sudah pas rasanya bisa matikan api dan siap disajikan.

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Didihkan santan encer, masukkan tumisan bumbu halus, aduk rata. Masukkan teri nasi goreng, masak sebentar hingga santan agak menyusut. Daun Singkong selain dimasak dengan santan, dioseng begini boleh juga lho. meskipun tampilannya cuma sederhana gini. Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur daun singkong masak santan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!