Pempek ayam / pempek isi ayam. Resep Pempek ayam / pempek isi ayam. Hasrat hati oengen buka pake pempek mak,, tpi di kulkas lagi ga punya stok ikan, cuma ada ayam saja. Yowes dari pada ini pempek polosan mending aku kasih ayam aja🤭🤣 Pempek ayam lenjer (chicken sticks) Place chicken breast, shallot, garlic, and ice cold water in a food processor.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Lihat juga resep Pempek ayam enak lainnya. Wokeh sekarang menuju ke resep pempek ayam yang saya share kali ini. Pempek memang paling sedap jika terbuat dari daging ikan, rasa ikan yang gurih terasa lebih strong dibandingkan ayam yang lebih mild.

Sedang mencari inspirasi resep pempek ayam / pempek isi ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek ayam / pempek isi ayam yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek ayam / pempek isi ayam, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pempek ayam / pempek isi ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Resep Pempek ayam / pempek isi ayam. Hasrat hati oengen buka pake pempek mak,, tpi di kulkas lagi ga punya stok ikan, cuma ada ayam saja. Yowes dari pada ini pempek polosan mending aku kasih ayam aja🤭🤣 Pempek ayam lenjer (chicken sticks) Place chicken breast, shallot, garlic, and ice cold water in a food processor.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan pempek ayam / pempek isi ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Pempek ayam / pempek isi ayam menggunakan 20 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Pempek ayam / pempek isi ayam:

  1. Gunakan 🌺 Bahan :.
  2. Gunakan 2 buah dada ayam cincang kasar.
  3. Sediakan 3 butir telur (2 campur saat menggiling ayam, 1 pisah).
  4. Sediakan Secukupnya penyedap ayam & ladaku (untuk bumbu isian).
  5. Sediakan 600 gram tepung tapioka / aci (me: tapioka curah cap ibu warung).
  6. Siapkan 🌺 Bahan biang :.
  7. Sediakan 250 gram tepung terigu (me: segitiga biru).
  8. Siapkan 400 ml air masak.
  9. Gunakan 🌺 Bumbu halus :.
  10. Ambil 1 1/2 bonggol bawang putih (+-13 siung,haluskan & bagi 3 bagian).
  11. Siapkan 3 sdt garam.
  12. Sediakan 🌺 Bahan cuko :.
  13. Siapkan 1 genggam cabe rawit.
  14. Gunakan 2 buah cabe keriting (boleh skip).
  15. Siapkan Secukupnya asam jawa tanpa biji.
  16. Siapkan Secukupnya gula merah sisir (me: 1 1/2 buah).
  17. Siapkan 2 sdt gula pasir / gula putih.
  18. Ambil 1 sdm kecap manis.
  19. Ambil Secukupnya air masak.
  20. Sediakan 1 sdm cuka meja (boleh pakai bila dirasa kurang asam).

Tapi weekend lalu saya tidak memiliki fillet ikan, hendak mempreteli daging ikan bawal di freezer akan menghabiskan banyak waktu dan saya tidak memiliki tenaga untuk itu. Pengen pempek tapi lagi ga punya ikan. Jadinya buat pempek ayam aja, karena kalau stok ayam boneless selalu tersedia di freezer, maklum jualannya masakan berbahan dasar ayam 😁. Maafkan aku yg salah memasak tepung jd di foto langkah mungkin bakal terlihat agak aneh.

Cara menyiapkan Pempek ayam / pempek isi ayam:

  1. Siapkan bahan bumbu halus : bawang putih, garam & sedikit air giling dengan blender ulek jg boleh mak,,, kemudian bagi 3 bagian (untuk bumbu biang, bumbu cuko & sedikit untuk tambahan bumbu isian).
  2. Haluskan ayam : (dada ayam cincang + 2 butir telur _ me: haluskan dengan blender kemudian bagi 2 bagian)…. 1 bagian untuk campuran adonan pempek, 1 bagian untuk isian pempek… Untuk isian selam : (+kan sedikit bumbu halus bawang & sedikit royko ayam + ladaku + 1 butir telur).
  3. Buat biang : campurkan bumbu halus + terigu & air aduk merata… Nyalakan kompor & masak dengan api kecil aduk hingga mengental / padat menggumpal.. Bila sudah jadi simpan dalam wadah, tunggu hingga hawa panasnya hilang atau berkurang kemudian beri 1/2 bagian ayam yg sudah di haluskan tadi aduk merata. Masukan aci/tapioka sesikit demi sedikit aduk dan uleni hingga kalis.. Setelah kalis tabur dengan aci lagi untuk memudahkan membentuk..
  4. Bentuk pempek sesuai keingan, (me: lenjer dan selam isi ayam) panaskan wajan berisi air dan beri sedikit minyak. Bila sudah mendidih masukan pempek perbagian, rebus hingga mengapung, bila sudah tiriskan, tunggu hingga dingin kemudian goreng / bisa jg simpan dlu +-30 mnt di kulkas baru di goreng..
  5. Membuat cuko : haluskan rawit+cabe keriting bila mau, siapkan wajan campur bumbu cabe dengan dengan bumbu bawang putih aduk merata panaskan beberaoa saat untuk menghilangkan aroma mentah saja.. Kemudian siapkan wajan beri secukupnya air + kan daging asam jawa / kandis rebus hingga mendidih beri irisan gula jawa rebus lagi dengan api kecil hingga berbuih + kan 1 sdm kecap manis + 1 sdm gula pasir + kan bumbu cabe bawang tadi.. Aduk merata masak hingga mendidih. Matikan kompor dan siap di gunakan..

Hari ini aku kangen makan pempek. Sayangnya stok ikan di lemari es habis. Yang ada hanya daging dada ayam tanpa tulang. Ya, mau bagaimana lagi, aku coba berkreasi dengan daging ayam. Disini untuk menghaluskan dagingnya aku pake chopper kesayangan aku yaitu chopper.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan pempek ayam / pempek isi ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!