Sayur Daun Singkong Santan. Lihat juga resep Sayur daun singkong masak santan enak lainnya. Sayur daun singkong memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tak hanya memiliki banyak manfaat, sayur ini juga sangat nikmat dan mudah untuk divariasikan dengan bahan makanan apa saja.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Nah kalau dengan kuah santan, hidangan sayur daun singkong yang satu ini menjadi favorit suami. Dengan masakan yang sesederhana ini, suami saya makannya bisa nambah dan nambah lagi :D. Lihat juga resep Sayur Singkong Santan enak lainnya.

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur daun singkong santan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur daun singkong santan yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur daun singkong santan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sayur daun singkong santan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Sayur daun singkong masak santan enak lainnya. Sayur daun singkong memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tak hanya memiliki banyak manfaat, sayur ini juga sangat nikmat dan mudah untuk divariasikan dengan bahan makanan apa saja.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur daun singkong santan yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur Daun Singkong Santan memakai 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sayur Daun Singkong Santan:

  1. Gunakan 1,5 ikat daun singkong (0,5 ikatnya sebelumnya sudah kupake untuk buat yg lain).
  2. Ambil 1 bungkus santan instan.
  3. Gunakan Cabe rawit (aku utuhin, karena biar anak² bisa makan).
  4. Siapkan Secukupnya minyak sayur.
  5. Siapkan Secukupnya air untuk merebus dan memasak sayur singkong.
  6. Siapkan Bahan rempah².
  7. Sediakan 3 buah daun salam.
  8. Sediakan 1 batang sereh, geprek.
  9. Gunakan 1 ruas lengkuas, iris².
  10. Sediakan Bahan tumis.
  11. Siapkan 7 buah bawang merah (bamerku kecil²).
  12. Sediakan 3 buah bawang putih.
  13. Ambil 2 buah kemiri.
  14. Sediakan 1 sdt ketu bar.
  15. Siapkan 1 ruas kunyit.
  16. Siapkan Gula pasir, garam, lada bubuk, kaldu bubuk.

Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Didihkan santan encer, masukkan tumisan bumbu halus, aduk rata.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Daun Singkong Santan:

  1. Petik² dan cuci daun singkong. Masukkan daun singkong pada air yg mendidih terlebih dahulu. Rebus hingga matang dan layu. Lalu iris² daun singkong..
  2. Haluskan bahan tumisan (aku pakai blender), lalu tumis hingga harum. Masukkan bahan² rempah..
  3. Masukkan santan dan air, tambahkan gula garam lada kaldu bubuk. Masak hingga mendidih..
  4. Masukkan daun singkong dan cabe rawit. Daun singkongnya terendam semua ya… Masak kembali hingga mendidih. Koreksi rasa..
  5. Masya Alloh syedap 😋..

Masukkan teri nasi goreng, masak sebentar hingga santan agak menyusut. Setelah santan anda mendidih lanjutkan dengan memasukan daun singkong yang telah di potong kasar ke dalam wajan sembari terus diaduk. Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama daun salam, lengkuas, dan ebi hingga harum. Masukkan irisan daun singkong, masak hingga bumbu meresap dan santan menyusut. Jika sudah angkat sayur, kemudian taburi.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur daun singkong santan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!