Pempek Ayam Udang. Pempek adaan (deep-fried chicken and shrimp meatballs) with saus cuko (spicy tamarind sauce). Lihat juga resep Pempek udang adaan enak lainnya. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Wokeh sekarang menuju ke resep pempek ayam yang saya share kali ini. Pempek memang paling sedap jika terbuat dari daging ikan, rasa ikan yang gurih terasa lebih strong dibandingkan ayam yang lebih mild. Tapi weekend lalu saya tidak memiliki fillet ikan, hendak mempreteli daging ikan bawal di freezer akan menghabiskan banyak waktu dan saya tidak memiliki tenaga untuk itu.

Lagi mencari inspirasi resep pempek ayam udang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek ayam udang yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Pempek adaan (deep-fried chicken and shrimp meatballs) with saus cuko (spicy tamarind sauce). Lihat juga resep Pempek udang adaan enak lainnya. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek ayam udang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan pempek ayam udang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat pempek ayam udang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pempek Ayam Udang menggunakan 22 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pempek Ayam Udang:

  1. Siapkan 500 gr dada ayam.
  2. Gunakan 8 ekor udang kupas.
  3. Gunakan 350 gr tepung sagu/tapioka.
  4. Sediakan 1 sdt garam.
  5. Siapkan 1/2 sdt merica.
  6. Gunakan 1 sdt kaldu jamur/penyedap.
  7. Gunakan es batu/air es.
  8. Gunakan 7 siung bawang putih.
  9. Ambil 1 buah putih telur.
  10. Gunakan cuko.
  11. Gunakan 300 gr gula merah.
  12. Siapkan 1 sdt gula pasir.
  13. Gunakan 6 siung bawang putih, haluskan.
  14. Sediakan 5 sdm air asam jawa.
  15. Ambil 2 sdm cuka masak.
  16. Ambil 10 buah cabe rawit merah (optional).
  17. Ambil 750 ml air.
  18. Sediakan sejumput garam.
  19. Gunakan isi.
  20. Gunakan 1 telur utuh.
  21. Siapkan 1 sisa kuning telur.
  22. Gunakan secukupnya garam dan merica.

Pempek lenjer ayam udang. foto: Instagram/@dapur.sisters. Untuk membuat empek empek udang ini kita harus menyiapkan udang yang benar-benar fresh, karena udang yang fresh akan membuat pempek kita menjadi lebih gurih dan enak. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Pempek sering disebut sebagai makanan khas Palembang, meskipun hampir.

Cara membuat Pempek Ayam Udang:

  1. CUKO : hempaskan seluruh bahan, rebus hingga mendidih dan bawang matang. koreksi rasa.
  2. PEMPEK : haluskan menggunakan blender/chopper. ayam, udang, bawang putih, es batu secukupnya/air es kurleb 150ml. setelah halus campurkan di wadah bersama putih telur, garam, merica dan penyedap, aduk rata..
  3. Uleni dengan menuang tepung tapioka sedikit demi sedikit sampai tercampur rata.
  4. Kocok lepas bahan isian.
  5. CARA MEMBENTUK : ambil secukupnya adonan, bentuk lenjer/panjang, di salah satu ujung, tekan menggunakan jempol masuk dan buat lubang hati hati, isi dengan kocokan telur, dan tutup bagian atas pempek.
  6. Siapkan rebusan air, dan beri 2 sdm minyak. setelah mendidih masukkan pempek yang sudah dibentuk, dan tunggu matang.
  7. Setelah pempek mengapung seluruhnya, tunggu sekitar 5-10 menit di api sedang sampai pempek benar benar matang. matikan api.
  8. Tips : cuko akan lebih nikmat ketika didiamkan di kulkas min 12-24 jam.

Adonan pempek udang ini sama dengan pempek bangka yaitu begitu basah dan sangat lembek. Meskipun pempek secara tradisional dibuat menggunakan ikan tenggiri atau belida, kini inovasi-inovasi baru terus bermunculan. Setelah pemunculan ikan salmon, tentunya udang juga menarik untuk dicoba. Tidak hanya itu, pada resep ini pempek udang akan dipadankan dengan kuah cuko dengan cita rasa bumbu rujak. Pesan makanan dan minuman favoritmu dari Moy Dimsum (Dimsum, Pempek, dan Ayam) – Semper Barat.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Pempek Ayam Udang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!