Sambal Balado Pete Pindang Suwir. Resep Sambal Balado Pete Pindang Suwir. Tadinya bikin sambel nggak pake kencur, tapi kata temen kalo pake kencur jadi tambah seger sambelnya. Berhubung suami suka banget sama pindang tongkol dan pete, saya coba aja.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Berhubung suami suka banget sama pindang tongkol dan pete, saya coba aja. Dan hasilnya enak, favorit kata suami saya 😋 Resep Balado Pindang Tongkol Suwir. Mudah dan enak. juga dibuat dengan bumbu yg simple.

Anda sedang mencari ide resep sambal balado pete pindang suwir yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal balado pete pindang suwir yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Sambal Balado Pete Pindang Suwir. Tadinya bikin sambel nggak pake kencur, tapi kata temen kalo pake kencur jadi tambah seger sambelnya. Berhubung suami suka banget sama pindang tongkol dan pete, saya coba aja.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal balado pete pindang suwir, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sambal balado pete pindang suwir yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sambal balado pete pindang suwir yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambal Balado Pete Pindang Suwir menggunakan 12 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sambal Balado Pete Pindang Suwir:

  1. Ambil 6 ekor pindang tongkol (saya beli 2 keranjang kecil msg2 isi 3).
  2. Ambil 2 papan pete.
  3. Ambil 3 siung bawang merah.
  4. Gunakan 2 siung bawang putih.
  5. Siapkan 13 buah cabe rawit merah.
  6. Sediakan 2 buah cabe merah besar.
  7. Gunakan 1 ruas jari kelingking kencur.
  8. Ambil 1 jumput terasi.
  9. Gunakan 3 lembar daun jeruk, iris tipis.
  10. Sediakan 1 buah kecil tomat.
  11. Sediakan sesuai selera Gula.
  12. Ambil secukupnya Garam.

Kalau masak ini, anakku pasti minta besoknya harus bawa bekal berlauk ini buat ke sekolah, karena balado pindang suwir ini jg favoritnya. Rasa akan berbeda jika tanpa petai, dan ini akan diprotes anakku. Kebanyakan orang mengolah ikan Tongkol hanya di goreng atau disambal balado dengan irisan ikan besar-besar. Lihat juga resep Tumis Pindang Tongkol Pete enak lainnya.

Langkah-langkah membuat Sambal Balado Pete Pindang Suwir:

  1. Cuci bersih ikan, lalu goreng sebentar. Setelah dingin, suwir-suwir ikan..
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, terasi, dan kencur. Tambahkan gula dan garam, cek rasa..
  3. Siapkan minyak di atas wajan, masukkan sambal yang dihaluskan dan jeruk nipis. Masak sebentar saja.
  4. Tambahkan sedikit air, masukkan suwiran ikan dan pete. Masak sebentar sampai bumbu meresap dan pete layu. Cek rasa, bisa tambahkan gula garam..
  5. Sambal siap dihidangkan dengan nasi panas 😊.

Dendeng, ayam, telur, dan ikan adalah bahan makanan yang sering dimasak dengan bumbu balado. Khusus ikan, jenis ikan yang berdaging tebal dan padat lebih cocok untuk dibuat balado, seperti ikan tuna, tongkol, dan kembung. Bukan hanya ikan segar, ikan pindang pun cocok dan super lezat diolah jadi sajian ini. Cara Membuat Ikan Tongkol Suwir Bumbu Balado Pedas: Jika ikan sudah didiamkan pada waktu yang dianjurkan, silahkan goreng ikan dalam minyak panas yang sudah disiapkan dalam wajan. Namun, jangan menggoreng ikan terlalu kering atau nantinya ikan akan sulit disuwir-suwir dan dipotong.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sambal Balado Pete Pindang Suwir yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!