Ayam,tahu,tempe bacem. Bagi yang berasal dari Jogja atau pernah tinggal di daerah sekitarnya dan Jawa Tengah pasti tak asing dengan menu ini. Memiliki tampilan khas berwarna coklat gelap dan rasa manis yang legit, sajian bacem ini tak pernah membosankan. Dinikmati bersama nasi sayur lodeh, pecel, gudeg, sop, bahkan dicemil begitu saja juga nikmat!

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa. Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem. Tiga makanan ini selain gudeg tentunya selalu membuat saya teringat dengan Jogya, kota dengan banyak kenangan, suka dan duka selama belajar disana.

Sedang mencari ide resep ayam,tahu,tempe bacem yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam,tahu,tempe bacem yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Bagi yang berasal dari Jogja atau pernah tinggal di daerah sekitarnya dan Jawa Tengah pasti tak asing dengan menu ini. Memiliki tampilan khas berwarna coklat gelap dan rasa manis yang legit, sajian bacem ini tak pernah membosankan. Dinikmati bersama nasi sayur lodeh, pecel, gudeg, sop, bahkan dicemil begitu saja juga nikmat!

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam,tahu,tempe bacem, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan ayam,tahu,tempe bacem enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ayam,tahu,tempe bacem sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Ayam,tahu,tempe bacem memakai 20 bahan dan 1 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ayam,tahu,tempe bacem:

  1. Siapkan 1 ekor ayam potong 12.
  2. Sediakan 1 papan tempe potong 15.
  3. Ambil 10 buah tahu.
  4. Ambil Bumbu halus.
  5. Siapkan 1 ruas jahe haluskan.
  6. Gunakan 1 ruas kunyit.
  7. Gunakan 2 ruas lengkuas haluskan.
  8. Sediakan 15 buah bawang merah haluskan.
  9. Ambil 5 siung bawang putih haluskan.
  10. Ambil 5 buah kemiri haluskan.
  11. Siapkan 5 lembar Daun salam.
  12. Gunakan 2 batang serai digeprek.
  13. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk.
  14. Ambil 4 sdm kecap manis.
  15. Ambil 100 gram gula aren.
  16. Siapkan 1 sdm garam.
  17. Ambil 1/2 sdm kaldu bubuk.
  18. Sediakan 1 sdt msg.
  19. Sediakan 1 liter air kelapa.
  20. Ambil 3 sdm air asam Jawa.

Ahh , kalau semasa sekolah sepertinya semua hal menyenangkan, jarang dukanya, kecuali ketika saat penelitian kala harus memasukkan satu truk pupuk kandang ke. Assalamu'alaikum,,, menu makan siang hari ini. aku bikin Kluban Sayur, goreng tempe, bacem ayam sama bikin peyek rebon 😁 dari kapan pengin bikin bacem ayam, tapi baru kesampean hari ini. rasanya legitt,, resep sampe dalem bumbunya 🤤 sebenernya bumbunya ya sama kayak bacem tahu/tempe. Nah jika Anda suka dengan resep bacem tempe ataupun tahu bacem, tak perlu susah untuk membuatnya, karena sebenarnya cukup simple juga kok caranya. Bacem adalah menu masakan sehari-hari yang sering dibuat orang.

Cara menyiapkan Ayam,tahu,tempe bacem:

  1. Masukan semua bahan dalam wajan lalu masak dengan api sedang sampai kuah menyusut kering.matikan api dan sajikan baceman dengan sambal jeruk..

Apabila Anda sudah bisa membuatnya, pasti tidak akan kesulitan untuk membuat jenis. Cara membuat tempe bacem biasanya menggunakan air kelapa untu mendapatkan cita rasa manis yang lebih gurih, tetapi tanpa air kelapa pun kita juga dapat memasak tempe dan tahu bacem yang tak kalah enak pula. Sebenarnya bila tidak ingin menggunakan air kelapa, kita cukup menggantikannya dengan air biasa dalam resep. Setelah tahu dan tempe ini di bacem Anda bisa langsung memakannya tapi jika Anda suka Anda juga dapat terlebih dahulu menggorengnya. Tahu Tempe Bacem ini lebih nikmat jika disantap bersama sambal terasi dan sepiring nasi putih hangat, selain itu bisa juga sebagai tambahan lauk di masakan gudeg.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam,tahu,tempe bacem yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!