Baceman ayam tahu. Resep Tahu Bacem Enak dan Kenyal – sepertinya kita tak ada bosan-bosannya membuat resep masakan yang berbahan dasar tahu. Tahu merupakan bahan masakan yang sangat murah juga memiliki kandungan nilai gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Tahu dapat diolah dengan berbagai cara pengolahan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Tahu Tempeh Bacem What is bacem? Bacem or baceman is a type of food preparation/cooking technique by slowly simmering food (especially tofu and tempeh) in salt, sugar, spices, and herbs in a covered pot until the simmering liquid is reduced and the seasonings are fully absorbed. This cooking technique originates in Central Java, and nowadays very common throughout the entire island of Java.

Sedang mencari inspirasi resep baceman ayam tahu yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal baceman ayam tahu yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari baceman ayam tahu, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan baceman ayam tahu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Resep Tahu Bacem Enak dan Kenyal – sepertinya kita tak ada bosan-bosannya membuat resep masakan yang berbahan dasar tahu. Tahu merupakan bahan masakan yang sangat murah juga memiliki kandungan nilai gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Tahu dapat diolah dengan berbagai cara pengolahan.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah baceman ayam tahu yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Baceman ayam tahu menggunakan 14 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Baceman ayam tahu:

  1. Sediakan 3 potong paha ayam.
  2. Ambil 6 buah tahu putih.
  3. Sediakan bumbu :.
  4. Gunakan 1 siung bawang putih.
  5. Sediakan 3 siung bawang merah.
  6. Gunakan 1 sdt butir ketumbar.
  7. Sediakan 1 sdt lada bubuk.
  8. Ambil 2 ruas lengkuas geprek.
  9. Gunakan 2 lembar daun salam.
  10. Gunakan 1 lembar daun jeruk.
  11. Gunakan secukupnya gula merah.
  12. Ambil secukupnya kecap manis.
  13. Gunakan secukupnya garam.
  14. Gunakan secukupnya kaldu bubuk.

Bacem atau baceman adalah cara masak dari Yogyakarta. Bahan makanan umumnya tempe, tahu, telor, dan atau ayam direndam dalam air gula supaya lebih awet. Baca juga: Tips Masak Murah untuk Keluarga, Coba Variasi Tempe, Tahu, dan Telur. Baceman ini bisa langsung disantap tanpa digoreng.

Langkah-langkah menyiapkan Baceman ayam tahu:

  1. Cuci ayam, uleg bawang merah, bawang putih dan ketumbar.
  2. Masukan ayam, tahu dan bumbu jadi satu ke dalam wajan, tambahkan air secukupnya, aduk dan masak sampai mendidih.
  3. Kemudian masukan lengkuas, daun salam, daun jeruk, lada, garam dan gula kecap manis dan kaldu bubuk.
  4. Masak sampai ayam empuk dan air menyusut, sambil di icip icip.
  5. Ini bisa buat stok di kulkas, langsung di makan juga enak, tapi biasanya saya goreng lagi atau di bakar di teflon, selamat mencobašŸ˜Š.

Goreng bacem dengan GM Bear Wajan Teflon Fry Pan (Lihat di Lazada DISKON) agar bacem lebih lezat dinikmati tanpa khawatir berminyak. Frypan ini terbuat dari teflon anti lengket sehingga tak perlu menggunakan banyak minyak dan. Kali ini stock ayam bacemnya dibakar. Sentuhan akhir ayam ini bisa goreng atau bakar, karena lg ngurangin minyak jd dibakar aja. Btw utk baceman ayam kali ini sy tambahin jahe sama kunyit, biasanya kalo bikin baceman tahu tempe tanpa jahe dan kunyit.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Baceman ayam tahu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!