Ayam goreng bacem. Lihat juga resep Ayam goreng bacem tanpa air kelapa enak lainnya. Resep Ayam Bacem Goreng Enak – Bacem merupakan salah satu hidangan atau masakan yang kerap ditemukan di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya, termasuk Jogjakarta. Selain itu, bacem juga dapat diartikan sebagai salah satu proses untuk mematangkan bahan makanan yang dilakukan dengan cara dimasak.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Ayam Bacem Densus adalah MRE (Meal Ready To Eat) atau kata lainnya Siap Saji sehingga anda dapat saja langsung menyajikan dan menyantap produk kami saat diterima. Spesialisasinya apalagi jika bukan ayam bacem yang gendut, berwarna coklat gelap dengan bumbu yang meresap hingga ke tulang-tulangnya. Dilengkapi dengan lalapan dan sambal terasi goreng yang rasanya top markotop, meminjam istilah Pak Bondan.

Sedang mencari ide resep ayam goreng bacem yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam goreng bacem yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam goreng bacem, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan ayam goreng bacem enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Ayam goreng bacem tanpa air kelapa enak lainnya. Resep Ayam Bacem Goreng Enak – Bacem merupakan salah satu hidangan atau masakan yang kerap ditemukan di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya, termasuk Jogjakarta. Selain itu, bacem juga dapat diartikan sebagai salah satu proses untuk mematangkan bahan makanan yang dilakukan dengan cara dimasak.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ayam goreng bacem sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Ayam goreng bacem menggunakan 11 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ayam goreng bacem:

  1. Siapkan 4 potong paha ayam kampung.
  2. Gunakan Kurang lebih 800 ml air kelapa muda untuj ungkep ayam.
  3. Gunakan 100 gr gula merah.
  4. Gunakan 1 sdm asam jawa.
  5. Ambil 3 lembar daun salam.
  6. Sediakan 3 cm lengkuas geprek.
  7. Gunakan secukupnya Garam, merica.
  8. Ambil Bumbu halus :.
  9. Siapkan 8 siung bawang merah.
  10. Ambil 5 siung bawang putih.
  11. Siapkan 1 sdm ketumbar bubuk.

Hmm, saya selalu usahakan di awal bulan untuk mampir membeli ayam bacem Mbok. Resep ini yang datang dari jawa tengah, resep ayam goreng bumbu bacem. Biasanya kita lebih sering menemui masakan tempe bacem, ternyata bukan hanya tempe yang bisa dibacem, ayam pun juga bisa. Istilah bacem sendiri adalah suatu proses pengawetan suatu makanan.

Cara membuat Ayam goreng bacem:

  1. Cuci bersih ayam lumuri dengan bumbu halus diam kan 15 menit.
  2. Siapkan wajan, tata daun salam diatas wajan, masukan ayam yg sudah dilumuri bumbu halus..
  3. Masukan air kelapa, gula merah, asam jawa, garam, merica dan lengkuas. Aduk rata.
  4. Ungkep sampai air menyusut..
  5. Jika sudah menyusut angkat ayam lalu diam kan smpai dingin baru goreng dengan api sedang. Bisa juga dibakar jika mau dibakar oleskan sisa ungkepan tdi.
  6. Note : lembih enak lagi tambahkan tempe dan tahu..

Untuk membuat ayam bacem goreng istimewa ternyata tidaklah sulit. Cara pengolahan dan pembuatan masakan ini tak jauh berbeda dengan proses pembuatan tahu ataupun tempe yang dibacem. Dengan adanya paduan dari daging ayam yang lembut serta bumbu khas yang manis dan gurih, menjadikan olahan ini bisa menjadi menu. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat ayam goreng bacem yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!