Soto tangkar. Soto tangkar is another soto from Betawi. Tangkar means beef ribs in Betawi language, and hence soto tangkar always uses beef ribs as its main ingredient. Back in the old colonial days, whenever a party was held by the Dutch, a whole cow would be cut and some of the lesser choice cuts would be distributed to the locals, and the ribs were such cuts.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Soto tangkar merupakan salah satu hidangan khas Betawi. Kata 'tangkar' berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi. Kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Lagi mencari ide resep soto tangkar yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto tangkar yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Soto tangkar is another soto from Betawi. Tangkar means beef ribs in Betawi language, and hence soto tangkar always uses beef ribs as its main ingredient. Back in the old colonial days, whenever a party was held by the Dutch, a whole cow would be cut and some of the lesser choice cuts would be distributed to the locals, and the ribs were such cuts.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto tangkar, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan soto tangkar enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan soto tangkar sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Soto tangkar menggunakan 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Soto tangkar:

  1. Sediakan 1/4 Daging sapi.
  2. Ambil secukupnya Kikil sapi.
  3. Sediakan 1 buah kentang ukuran besar.
  4. Gunakan Secukupnya daun bawang.
  5. Siapkan Secukupnya tomat.
  6. Gunakan Bawang goreng.
  7. Siapkan Daun salam, daun jeruk, serei.
  8. Ambil Laos.
  9. Gunakan Santan dari 1/2 kelapa.
  10. Ambil Kecap manis.
  11. Gunakan Jeruk limau.
  12. Siapkan Bumbu halus.
  13. Ambil 6 siung bawang putih.
  14. Ambil 4 siung bawang putih.
  15. Sediakan 3 buah kemiri.
  16. Sediakan secukupnya Ketumbar.
  17. Ambil secukupnya Lada.
  18. Ambil 2 cm Kunyit bakar.
  19. Sediakan secukupnya Garam.

Pada masa itu, para penjajah biasanya memotong sapi ketika mereka berpesta. Akan tetapi, mereka tidak menggunakan semua bagian sapi. Salah satu bagian yang disisakan adalah iga sapi. Selain soto tangkar, di sini juga ada sate kuah yang tak kalah nikmat.

Langkah-langkah menyiapkan Soto tangkar:

  1. Potong dadu daging sapi kemudian rebus hingga empuk, sisihkan ambil air rebusannya untuk kuah soto.
  2. Rebus juga kikil hingga empuk dan sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukan kedalam air rebusan daging, tambahkan daun salam, serei,daun jeruk dan laos masak hingga mendidih.
  4. Masukan santan perlahan, masak lagi hingga mendidih. Koreksi rasa, bisa tambahkan royco daging masak hingga matang.
  5. Potong dadu kentang, goreng hingga sedikit kecoklatan (5-8menit) sisihkan.
  6. Cara penyajiannya, masukan potongan daging, kikil, kentang, tomat, daun bawang, bawang goreng dan sedikit kecap kedalam mangkok lalu siram dengan kuah sotonya, tambahkan sambal dan jeruk limau sajikan dengan nasi hangat.

Baca juga: Serba-serbi Kuliner khas Betawi. Soto tangkar adalah soto berkuah gurih dengan isian berupa tangkar atau tulang iga. Dilansir dari buku Kuliner Betawi: Selaksa Rasa dan Cerita karya Akademi Kuliner Indonesia terbitan Gramedia Pustaka Utama, dalam bahasa Betawi, tangkar artinya tulang iga. Soto tangkar legendaris ini telah tak dapat ditolak kelezatannya. Soto tangkar di sini punya kuah yang kental dan berwarna kemerahan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan soto tangkar yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!