Lupis Pulut/Ketan Gula Merah. Terbuar dari ketan dan gula merah, enak sekali rasanya. Resep cara membuat lupis ketan, adalah salah satu cemilan khas betawi yang populer. Memiliki rasa manis pas yang enak, atau tidak terlalu kuat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Sajikan lupis dengan kelapa parut dan taburkan saus gula merah. Cara Membuat Lupis Ketan Kukus Saus Gula Merah – Lupis ketan kukus adalah kudapan dari jenis kue basah tradisional yang disajikan bersama taburan kelapa parut dan siraman saus gula merah. suguhan rasanya begitu nikmat dan legit serta manis dan gurih di lidah. Pembuatan kue sederhanan ini tidak memakan waktu begitu lama.

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep lupis pulut/ketan gula merah yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal lupis pulut/ketan gula merah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Terbuar dari ketan dan gula merah, enak sekali rasanya. Resep cara membuat lupis ketan, adalah salah satu cemilan khas betawi yang populer. Memiliki rasa manis pas yang enak, atau tidak terlalu kuat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lupis pulut/ketan gula merah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan lupis pulut/ketan gula merah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat lupis pulut/ketan gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Lupis Pulut/Ketan Gula Merah memakai 6 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Lupis Pulut/Ketan Gula Merah:

  1. Gunakan 1 kg beras ketan/pulut.
  2. Siapkan 1/2 kg gula merah/gula jawa.
  3. Sediakan 4 gelas air.
  4. Ambil Secukupnya garam.
  5. Ambil Secukupnya kelapa parut.
  6. Sediakan Secukupnya daun pisang untuk membungkus.

Hanya saja anda harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. D rumah pada doyan bgt sama jajanan pasar yg satu ini. Campur beras ketan dengan air kapur sirih dan garam. Aduk-aduk sampai rata dan bungkus dengan daun.

Langkah-langkah menyiapkan Lupis Pulut/Ketan Gula Merah:

  1. Cuci bersih beras ketan, bungkus segitiga dengan daun pisang, sematkan lidi agar lebih kuat saat di rebus. Kemudian rebus hingga 1½ jam atau hingga matang. Kalau saya di dapur kayu bun, biar lebih Wangi..
  2. Rebus gula tambahan air san garam serta daun Pandan..
  3. Masak hingga air berkurang dan teksturnya kental ya bun..
  4. Setelah matang, buka daun pisang dan gulingkan diparutan kelapa yang sudah diberi garam..
  5. Dan sajikan dengan siraman gula merah..
  6. .

Panaskan air sampai mendidih rebus lalu rebus kue lupis sampai masak kira kira satu jam. Bahan-bahan yang diperlukan pun mudah diperoleh, di antaranya beras ketan, gula aren, tepung tapioka, kelapa parut, dan garam. Sebelum beras ketan dibuat Lupis, terlebih dahulu direndam dalam air kapur sirih, untuk membuat empuk beras selama proses perebusan. Setelah proses perendaman, beras ketan dibilas dengan air bersih lalu ditiriskan. – Masak gula aren dengan air secukupnya. Beri daun pandan dan sejumput garam. – Untuk topping, kukus kelapa parut dengan sejumput garam.

Demikian cara membuat Lupis Pulut/Ketan Gula Merah, ayo dilakukan dirumah anda dengan memperhatikan semua bahan dan langkah detail itu. Silahkan dibookmark halaman ini agar anda bisa dengan cepat kembali kesini jika ada yang terlupa atau ingin mendapatkan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terbaru dari kami. Selamat memasak!. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Saya bangun setiap pagi dan hari itu akan menjadi hari yang hebat. Anda tidak akan pernah tahu kapan hari itu berakhir jadi saya memilih untuk menolak hari yang buruk.” -Paul Henderson-