Ketan Saos Gula Jawa. Ini adalah bahagianya suami bila di masakin ketan. #DiRumahAja #KeDapurAja #MasakItuSaya #CookpadIndonesia #CookpadComunnity_Depok #jajanancicilia #ciciliasalamony Resep Lupis ketan dan saus gula jawa.. Steam black glutinous rice until half-cooked. Lihat juga resep Wajik Ketan Gula Merah enak lainnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Sebutan kue wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah dan memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Kue ini termasuk dalam kategori jajanan basah dengan cita rasa manis dan nikmat. Wajik ketan siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini.

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep ketan saos gula jawa yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ketan saos gula jawa yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ini adalah bahagianya suami bila di masakin ketan. #DiRumahAja #KeDapurAja #MasakItuSaya #CookpadIndonesia #CookpadComunnity_Depok #jajanancicilia #ciciliasalamony Resep Lupis ketan dan saus gula jawa.. Steam black glutinous rice until half-cooked. Lihat juga resep Wajik Ketan Gula Merah enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ketan saos gula jawa, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan ketan saos gula jawa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ketan saos gula jawa yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ketan Saos Gula Jawa memakai 10 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ketan Saos Gula Jawa:

  1. Sediakan 1.000 gr ketan.
  2. Siapkan 2 santan kara kecil.
  3. Ambil 1/2 sdt garam.
  4. Gunakan 600 ml air (bisa lebih bisa kurang, tergantung jenis ketannya).
  5. Ambil 2 lembar daun pandan.
  6. Siapkan Bahan saos : (ukuran bebas).
  7. Gunakan Gula merah.
  8. Ambil Air.
  9. Ambil Daun pandan.
  10. Siapkan Kelapa muda.

Kue dari beras ketan ini resep wajik ketan enak dan legit : Wajik ketan adalah kudapan khas Jawa Tengah yang memakai beras ketan, santan, dan gula merah. Teksturnya memang lengket, tapi rasanya begitu manis dan legit di mulut. Sayang, wajik ketan mulai langka di pasar tradisional atau toko kue. Kalau ingin buat sendiri, beras ketan perlu dikukus terlebih dulu.

Langkah-langkah membuat Ketan Saos Gula Jawa:

  1. Rebus santan, air, garam dan daun pandan sampai mendidih dan diaduk perlahan supaya santan tidak pecah..
  2. Masukkan ketan yang sudah dicuci dan ditiris..
  3. Sambil diaduk sampai kering. Matikan kompor..
  4. Siapkan panci kukus yang diairnya dikasih daun pandan..
  5. Setelah air mendidih keluar uapnya, masukkan ketan yang sudah diaron (dimasak) tadi..
  6. Sambil menunggu ketan matang, siapkan kelapa yang sudah dikupas untuk diparut. Beri garam sejumput. Lalu kukus juga..
  7. Masak saos : air, gula jawa, daun pandan direbus..
  8. Ketan apabila sudah dirasa dan matang matikan kompor..
  9. Ketan siap disajikan..

Satu lagi resep kue basah khas masyarakat Jawa akan dibahas pada kesempatan ini. Namanya, kue lupis (biasa juga dilafalkan lopis). Bahan dasarnya adalah beras ketan, kelapa parut, dan gula merah atau gula aren. Hanya saja, butuh ketelatenan ketika mengemasnya dengan daun pisang dengan bentuk segitiga. Campurkan tepung ketan, kelapa parut, garam, dan santan.

Inilah artikel membikin Ketan Saos Gula Jawa, ayo dilakukan dirumah anda dengan melihat semua bahan bahan dan langkah detail diatas. Ingat dibookmark web ini jadi anda mampu dengan mudah kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau ingin menemukan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, agar selalu mendapatkan update resep termudah dari kami. Selamat masak. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Pagi merupakan jalan untuk melihat dunia baru, pengalaman baru dan harapan baru. Ayo sambut pagi dengan senyuman dari hati.”