Ayam Goreng Bacem. Buat teman teman yang masih tinggal di jogya tentu engan mudah bisa menemukan penjual ayam goreng bacem ini bukan. Lihat juga resep Ayam goreng bacem tanpa air kelapa enak lainnya. Resep ini yang datang dari jawa tengah, resep ayam goreng bumbu bacem.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Resep Cara Membuat Ayam Goreng Bacem Enak Gurih – Sajian masakan yang terbuat dari bahan dasar daging ayam memang begitu banyak macam-macam jenis masakannya, diantaranya seperti ayam goreng, ayam krispy, ayam semur, dan masih banyak jenis masakan yang lainnya. Apapun masakan yang menggunakan bahan dasar daging ayam, pastinya memiliki rasa yang enak dan nikmat. Spesialisasinya apalagi jika bukan ayam bacem yang gendut, berwarna coklat gelap dengan bumbu yang meresap hingga ke tulang-tulangnya.

Lagi mencari ide resep ayam goreng bacem yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam goreng bacem yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam goreng bacem, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan ayam goreng bacem enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Buat teman teman yang masih tinggal di jogya tentu engan mudah bisa menemukan penjual ayam goreng bacem ini bukan. Lihat juga resep Ayam goreng bacem tanpa air kelapa enak lainnya. Resep ini yang datang dari jawa tengah, resep ayam goreng bumbu bacem.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam goreng bacem yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam Goreng Bacem memakai 10 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam Goreng Bacem:

  1. Sediakan 1 ekor ayam potong 10-12 potong.
  2. Sediakan 7 siung bawang merah.
  3. Sediakan 2 siung bawang putih.
  4. Ambil 3 lembar Daun salam.
  5. Siapkan Laos 3 iris (kira kira saja).
  6. Sediakan 1 sendok makan Ketumbar.
  7. Sediakan Asam Jawa 1 pack kecil.
  8. Gunakan Gula merah serut sesuai selera.
  9. Ambil secukupnya Garam.
  10. Ambil Air untuk ungkep.

Dilengkapi dengan lalapan dan sambal terasi goreng yang rasanya top markotop, meminjam istilah Pak Bondan. Hmm, saya selalu usahakan di awal bulan untuk mampir membeli ayam bacem Mbok. Aduk rata, masukkan ayam lalu masak dan didihkan. Saat air rebusan sudah mulai berkurang tambahkan dengan kecap manis, aduk perlahan lalu masak terus hingga matang.

Langkah-langkah membuat Ayam Goreng Bacem:

  1. Cuci daging ayam sampai bersih taruh di wajan.
  2. Masukkan daun salam + asam Jawa +gula merah+laos ke dalam wajan yang berisi daging ayam.
  3. Uleg bumbu sampai halus, masukkan ke wajan.
  4. Tambahkan air yang penting terendam saja…
  5. Ungkep dengan api kecil sambil dibalik..sekitar 30-45 menit.. kemudian angkat..bisa ditaruh dicontainer plastik klo sudah dingin ya..jadi buat stock…
  6. Sebelum disajikan, goreng ayam dengan minyak banyak sebentar saja ya..karena gampang gosong..bolak balik.. setelah warna kecoklatan..angkat sajikan…

Untuk anda yang suka daging, Bacem Tempe ini juga anda tambahkan dengan Daging Sapi ataupun daging ayam. Bumbu-bumbu seperti Daun Salam, Bawang Putih Bawang Merah dan bumbu yang lainnya termasuk bumbu penyedap alami. Bumbu tersebut bisa anda gunakan juga untuk Masakan Ayam panggang, rebus ataupun ayam goreng. Apa aja bisa di bacem.dari ayam.tahu.tempe.daging.babat usus.banyak dech. Goreng sebentar dalam minyak goreng yang telah dipanaskan hingga tempe kecokelatan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ayam Goreng Bacem yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!