Cuko/Kuah Pempek. Cuko (kuah Pempek) Palembang akhirnya, nyetok cuko lagi yang satu ini ga boleh absen di kulkas hehe dari kemaren pengen buat tapi sayang cuko lama masih ada di dlm kulkas ini di jamin tahan lama dan endeuusss selain jd temen pempek jg cocok untuk jd cocolan bala-bala, bakwan, tahu isi dan lainlain "CUKO" kata ini sering salah dalam penyebutan. Sering orang bilang cuka atau kuah pempek. Pembuatan Cuko Palembang yang membedakan dengan Cuko lain terletak pada gula merahnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Saus cuko, kuah cuko, or just cuko, is the spicy sauce to accompany a bowl of pempek.

Lagi mencari inspirasi resep cuko/kuah pempek yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cuko/kuah pempek yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Cuko (kuah Pempek) Palembang akhirnya, nyetok cuko lagi yang satu ini ga boleh absen di kulkas hehe dari kemaren pengen buat tapi sayang cuko lama masih ada di dlm kulkas ini di jamin tahan lama dan endeuusss selain jd temen pempek jg cocok untuk jd cocolan bala-bala, bakwan, tahu isi dan lainlain "CUKO" kata ini sering salah dalam penyebutan. Sering orang bilang cuka atau kuah pempek. Pembuatan Cuko Palembang yang membedakan dengan Cuko lain terletak pada gula merahnya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cuko/kuah pempek, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan cuko/kuah pempek enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cuko/kuah pempek sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Cuko/Kuah Pempek memakai 9 bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Cuko/Kuah Pempek:

  1. Gunakan 125 gram Gula Merah (+/- 12 sdm).
  2. Sediakan 2 siung Bawang Putih.
  3. Ambil 4 buah Cabai Rawit Orange.
  4. Ambil 5 buah Ebi (optional).
  5. Sediakan 250 ml Air.
  6. Siapkan 1 sdt Garam.
  7. Sediakan 1 sdt Gula Pasir.
  8. Sediakan 1 sdt Tauco Manis (optional).
  9. Gunakan 4 sdt Larutan Asam (1:2 = Asam:Air).

It has a sweet, spicy, and sour note from tamarind, garlic, bird-eye chili, and coconut palm sugar. For a more deluxe version of saus cuko, you can add a tablespoon of dried tiny shrimps (Indonesian: ebi) and/or a tablespoon of Tianjin preserved vegetables. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko".

Cara menyiapkan Cuko/Kuah Pempek:

  1. Haluskan Bawang, Cabai, dan Ebi. Campur dengan Air, lalu masak dengan api sedang. Masukkan Gula Merah yang sudah diiris (supaya lebih mudah larut), Garam, Gula Pasir, Taouco Manis dan Larutan Asam. Cicipi dan koreksi rasa sesuai dengan selera;.
  2. Setelah mendidih dan Gula Merah larut, saring dan dinginkan..

Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Kuah atau orang Palembang menyebutnya Cuko adalah pelengkap dan penentu enak atau tidaknya sajian Pempek. Memiliki warna hitam yang rasanya pedas manis gurih, enak sekali. Ternyata buatnya itu tidak terlalu sulit loh, hanya menyiapkan bahan lalu rebus semua. Cuko Pempek Seperti pepatah orang Palembang mengatakan "Makan Pempek Kalu Idak Ngirup Cuko, Teraso Idak Makan Pempek" (Makan pempek kalau tidak menghirup cuka (kuah), maka sama saja dengan tidak makan pempek).

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan cuko/kuah pempek yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!