Wajik ketan gula merah simple. Wajik Ketan Gula Merah enak lainnya. Wajik ketan gula merah simple Lama banget pengen buat ini resep dan akhirnya kesampaian juga deh. Salah satu makanan tradisional fav pak su.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Wajik Ketan Gula Merah Waktu mudik kemarin sengaja minta beras ketan putih sama bude 🤭 Kepikiran pengen bikin wajik sendiri, soalnya kadang kalo beli suka masih ada beras ketan yg keras. Mamak suka wajik yg lembut, empuk, ga terlalu manis. Wajik ketan umumnya dibuat dengan tambahan gula merah sehingga didapatkan warna gelap Pindahkan ketan wajik ke dalam loyang Begitu banyak kue yang dibuat dengan bahan dasar beras ketan, salah satunya ialah wajik.

Apakah anda lagi mencari ide untuk resep wajik ketan gula merah simple yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal wajik ketan gula merah simple yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Wajik Ketan Gula Merah enak lainnya. Wajik ketan gula merah simple Lama banget pengen buat ini resep dan akhirnya kesampaian juga deh. Salah satu makanan tradisional fav pak su.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari wajik ketan gula merah simple, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan wajik ketan gula merah simple enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah wajik ketan gula merah simple yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Wajik ketan gula merah simple memakai 7 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Wajik ketan gula merah simple:

  1. Gunakan 500 gr beras ketan putih.
  2. Ambil 300 gr gula merah.
  3. Ambil 2 bungkus santan kara.
  4. Sediakan 2 lembar daun pandan (aku skip soalnya gak ada ya).
  5. Sediakan secukupnya Garam.
  6. Sediakan Gula pasir secukupnya (kalau suka manis atau di skip).
  7. Sediakan Air secukupnya untuk merebus.

Sebutan kue wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah dan memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Kue ini termasuk dalam kategori jajanan basah dengan cita rasa manis dan nikmat. Bahan bahan Resep Wajik Ketan Manis Gula Merah. Wajik ketan umumnya dibuat dengan tambahan gula merah Berikut kami tampilkan cara membuat wajik ketan gula merah secara sederhana.

Langkah-langkah membuat Wajik ketan gula merah simple:

  1. Cuci bersih beras ketan lalu rendam -/+ 4 jam (lebih bagus rendam 1 malam) kemudian tiriskan.
  2. Panaskan panci pengukus untuk mengukus beras ketan…jika sudah panas kukus ketan -/+ 20 menit.
  3. Pindahkan ketan yang sudah dikukus ke dalam wadah kering…tunggu biar agak dingin.
  4. Siapkan wajan lalu tuang air, masukan gula merah, garam dan gula…masak sampai larut…kalau sudah larut tambahkan santan…aduk terus sampai agak mengental ya.
  5. Jika sudah agak mengental masukan ketan tadi dan aduk2 trus sampai menyusut airnya…dirasa sudah menyusut lalu masukkan ke wadah cetakan…tekan2 dan biarkan sampai dingin…lebih mantap simpan dalam kulkas…potong2 sesuai selera dan sajikan 😉.

Dijamin mudah dan enak. cek juga playlist kami : Makanan Manado : https://w. Wajik ketan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan putih yang dipadukan dengan gula merah atau bisa juga menggunakan gula putih sesuai dengan selera anda. Bagi anda yang mungkin bertanya-tanya apakah ketan hitam juga bisa dibuat wajik, jawabannya pasti iya karena beras ketan hitam juga sama halnya dengan beras ketan putih sehingga keduanya. Masukkan ketan yang sudah matang dalam rebusan santan. Aduk rata dan masak hingga santan terserap habis.

Inilah cara membikin Wajik ketan gula merah simple, monggo dilakukan didapur anda dengan mengikuti semua bahan baku dan step step detail tersebut diatas. Ingat dibookmark halaman ini sehingga anda mampu dengan cepat kembali kesini bila ada yang terlupa atau bermaksud menemukan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau berikan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terenak dari kami. Selamat memasak!. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Tidak ada yang bisa kembali dan memulai awal yang baru, tetapi siapa pun dapat memulai hari ini dan membuat akhir yang baru.” -Maria Robinson-