Koloke (ayam goreng tepung saus asam manis). Resep Ayam Koloke Saus Asam Manis – Ayam koloke yang punya julukan ayam kuluyuk merupakan salah satu masakan yang seringkali di temui di rumah makan atau tenda kaki lima yang menyajikan masakan khas cina. Sebutan ayam koloke yang juga makanan khas oriental berbahan dasar ayam filet ini memang tidak setenar fuyunghai (fu yung hai), ifumie, kung pao chicken, kwetiauw, ayam mentega dan capcay. Ketika masuk ke Indonesia yang mayoritas muslim, daging babi tersebut diubah dengan daging ayam.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Perpaduan dari ayam goreng tepung yang gurih sangat nikmat disajikan bersama saus asam manis. Umumnya saus asam manis tersebut berisi potongan bawang bombay, wortel, brokoli dan juga buah nanas. Cara Membuat Koloke Ayam Asam Manis Lezat – Koloke merupakan makanan yang asalnya dari Cina.

Lagi mencari ide resep koloke (ayam goreng tepung saus asam manis) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal koloke (ayam goreng tepung saus asam manis) yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Ayam Koloke Saus Asam Manis – Ayam koloke yang punya julukan ayam kuluyuk merupakan salah satu masakan yang seringkali di temui di rumah makan atau tenda kaki lima yang menyajikan masakan khas cina. Sebutan ayam koloke yang juga makanan khas oriental berbahan dasar ayam filet ini memang tidak setenar fuyunghai (fu yung hai), ifumie, kung pao chicken, kwetiauw, ayam mentega dan capcay. Ketika masuk ke Indonesia yang mayoritas muslim, daging babi tersebut diubah dengan daging ayam.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari koloke (ayam goreng tepung saus asam manis), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan koloke (ayam goreng tepung saus asam manis) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat koloke (ayam goreng tepung saus asam manis) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Koloke (ayam goreng tepung saus asam manis) memakai 21 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Koloke (ayam goreng tepung saus asam manis):

  1. Siapkan Daging.
  2. Gunakan 2 fillet paha ayam.
  3. Ambil 5 sdm tepung bumbu goreng.
  4. Sediakan 2 sdm tepung terigu.
  5. Gunakan Secukupnya garam.
  6. Sediakan Secukupnya merica.
  7. Siapkan Secukupnya bubuk ngohiong.
  8. Sediakan Secukupnya bubuk bawang putih.
  9. Gunakan Air putih.
  10. Gunakan Saus asam manis.
  11. Ambil 2 bh tomat.
  12. Gunakan 1 bh bawang putih.
  13. Sediakan 1 bh bawang merah.
  14. Ambil 1/2 bh bawang bombay.
  15. Sediakan 1 bh cabai merah besar.
  16. Ambil 1 tangkai daun bawang.
  17. Siapkan 5 sdm saus tomat.
  18. Gunakan 2 sdm saus sambal.
  19. Ambil Secukupnya gula.
  20. Siapkan Secukupnya tepung maizena.
  21. Siapkan Air putih.

Makanan ini sudah tersebar luas di beberapa daerah di Indonesia karena mampu menawarkan rasa yang begitu nikmat dan pas juga dengan lidah kita. Jika ayam goreng tepung terasa terlalu biasa untuk terus menerus disajikan di rumah bersama keluarga, resep ayam saus asam manis ini mungkin bisa menambah variasi makan Anda. Sajian ini cukup mudah untuk dibuat karena bahan-bahan makanannya sangat umum dan rasanya enak sekali. Lihat juga resep Ayam Goreng Asam Manis enak lainnya.

Langkah-langkah membuat Koloke (ayam goreng tepung saus asam manis):

  1. Potong dadu fillet paha ayam. Lumuri dengan garam, merica, bubuk ngohiong, bubuk bawang putih. Diamkan kurang lebih 1 jam.
  2. Larutkan tepung bumbu, tepung terigu ke dalam air. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Aduk hingga kental.
  3. Rendam fillet ayam ke dalam adonan tepung.
  4. Panaskan minyak, goreng daging ayam hingga warna kuning keemasan. Tiriskan.
  5. Untuk saus asam manis, panaskan teflon. Tumis bawang bombay, bawang merah, bawang putih hingga wangi.
  6. Masukkan tomat dan cabai.
  7. Tambahkan saus tomat dan saus sambal bila kurang pedas. Tambahkan gula, lalu aduk hingga rata.
  8. Tambahkan air, dan larutan tepung maizena. Aduk hingga saus mengental.
  9. Siramkan saus ke atas daging ayam yang telah matang. Selamat menikmati :).

Berikut bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat koloke dan juga cara membuatnya. Tambahkan saus tiram, saus tomat, lada bubuk. Masukan wortel, timun, bawang bombay dan nanas. Sesaat sebelum diangkat masukan larutan tepung jagung. Setelah itu satukan ayam tepung dengan saus asam manis.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan koloke (ayam goreng tepung saus asam manis) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!