Bubur ketan putih gula merah. Kalo lagi ujan ujan gini, anakku pengennya ngemil. Nah, berhubung tadi buka isi lemari aku menemukan ketan ,gula merah dan santan. Wah, bisa jadi kudapan minum teh sore nih.yuk disimak, kali ini aku buat Bubur Ketan Gula Merah.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Aduk terus adonan hingga air berkurang Bubur merah terbuat dari beras ketan yang diberi gula merah Selanjutnya pada moment pendirian rumah, kedua bubur ini sering disandingkan dengan bendera merah putih serta makanan lainnya. Maksud dari si empunya rumah adalah untuk berbagi dengan tetangga sebagai ekspresi dari rasa syukur dikarunia oleh Allah berupa kemampuan mendirikan rumah. Bubur biasa memang berwarna putih, dan warna merahnya ini berasal dari warna dari gula jawa.

Apakah anda lagi mencari ide untuk resep bubur ketan putih gula merah yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bubur ketan putih gula merah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bubur ketan putih gula merah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bubur ketan putih gula merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Kalo lagi ujan ujan gini, anakku pengennya ngemil. Nah, berhubung tadi buka isi lemari aku menemukan ketan ,gula merah dan santan. Wah, bisa jadi kudapan minum teh sore nih.yuk disimak, kali ini aku buat Bubur Ketan Gula Merah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat bubur ketan putih gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Bubur ketan putih gula merah menggunakan 7 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Bubur ketan putih gula merah:

  1. Sediakan 150 gr ketan putih.
  2. Sediakan Santan encer.
  3. Gunakan Santan kental.
  4. Gunakan 150 gr gula merah, sisir.
  5. Gunakan secukupnya Garam.
  6. Gunakan secukupnya Vanili.
  7. Siapkan Daun pandan, ikat simpul.

Bubur merah putih atau orang Jawa menyebutnya 'bubur abangputih' ini memang sudah menjadi tradisi Jawa. Jika nasi megono biasa digunakan saat pindah rumah atau menempati rumah baru, 'bubur abangputih' ini biasanya digunakan pada saat memberikan. Cara membuatnya, masak terlebih dahulu ketan yang sudah direndam selama satu jam dengan kukusan atau rice cooker biasa. Dalam panci, rebus santan bersama dengan gula merah, gula pasir, daun pandan, garam, dan air.

Cara membuat Bubur ketan putih gula merah:

  1. Rendam beras ketan kurang lebih 1jam.
  2. Rebus ketan dan santan encer + daun pandan.
  3. Sementara itu sambil memasak bubur ketan, masak gula merah dgn air hingga mencair lalu saring lalu dimasukkan ke dlm bubur ketan masak hingga menjadi bubur.
  4. Santan kental td untuk siraman bubur, cara membuatnya rebus santan ditambah sedikit garam dan vanilli hingga mendidih..
  5. Sajikan bubur dengan siraman santan.

Aduk hingga tercampur rata dan mendidih. Masukkan ketan yang sudah matang dalam rebusan santan. Beberapa orang biasanya menambahkan gula merah agar bisa menambahkan rasa manis, ini karena memang berasnya cocok ditambahkan gula merah atau bisa juga sambal kacang. Manfaat Beras Ketan Putih Untuk Diabetes. Bagi penderita diabetes, tentunya mengkonsumsi apapun harus sangat diperhatikan agar tidak berpengaruh buruk pada kenaikan gula darah.

Demikianlah artikel memasak Bubur ketan putih gula merah, monggo dipraktekkan ditempat anda dengan mengikuti semua bumbu dan langkah langkah detail tersebut diatas. Jangan lupa dibookmark website ini agar anda mampu dengan mudah kembali kesini jika ada yang terlupa atau bermaksud mencari artikel resep menarik yang sesuai. Atau berikan email anda, agar selalu mendapatkan update resep terkini dari kami. Happy Cooking. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Hari kemarin, bagaimanapun baik buruknya telah berlalu. Sambut pagi ini dengan semangat dan harapan baru.”